Cara Jitu Lolos Saat Ditilang oleh Polisi Lalu Lintas

Tidaklah asing bagi seseorang mendengar atau melihat sebuah kata-kata ditilang, lantas apakah maksud dengan adanya penilangan kepada puluhan bahkan sampai ratusan pengendara? apakah itu memberikan efek jera bagi si pengendara yang melanggar lalu lintas?. 

Pertanyaan diatas sering kita dengar dari mulut kemulut sampai kedalam sebuah media masa. Tidak lain tidak bukan dengan adanya sebuah ketetapan pemerintah untuk melakukan sebuah operasi lalu lintas yang biasa kita dengar dengan sebutan "Operasi Zebra". Sebelum ke pembahasan utama, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Operasi Zebra.

Operasi Zebra adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh aparat hukum yang melakukan suatu kegiatan untuk kepentingan penegakan hukum dengan cara melakukan tindakan tegas kepada pengendara yang melakukan suatu tindakan yang melanggar tata tertib lalu lintas. Ketika sebuah Operasi Zebra dilakukan, pengendara harus mengeluarkan beberapa syarat-syarat wajib berkendara, jika ada syarat yang tidak terpenuhi maka si pengendara akan mendapatkan sanksi baik berupa denda ataupun melalui jalan hukum. Namun tahukah anda apasaja pelanggaran yang menyebabkan anda terjerat disaat Operasi Zebra? Berikut ulasannya

Hal-hal yang dapat menyebabkan anda ditilang dalam sebuah operasi penegakan hukum ini.
  1. Tidak mengunakan Helm 
  2. Tidak memakai pakain yang sesuai dengan aturan berkendara, seperti memakai celana.
  3. Tidak membawa surat-surat yang berisi informasi dari kendaraan yang digunakan seperti STNK atau BPKB
  4. Tidak mengunakan Plat Nomor Kendaraan
  5. Mengunakan alat komunikasi saat berkendara
  6. Tidak membawa surat izin mengemudi (SIM)
  7. Kebut-kebutan dijalanan 
  8. Melanggar lampu lalu lintas
  9. Mengunakan aksesoris kendaraan yang tidak diizinkan oleh hukum, seperti mengunakan lampu laser.
Seteleh mengetahui apa saja hal-hal yang dapat meyebabkan anda ditilang oleh polisi lalu lintas. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara agar dapat lolos saat ditilang oleh polisi lalu lintas.

1. Bersikap sopan dan tidak menunjukkan kejengkelan kepada petugas


 Ketika anda ditilang oleh petugas, hal yang wajib anda kontrol adalah emosi anda, karena dengan emosi masalah tidak akan selesai dan mengakibatkan masalah anda semakin rumit. Disaat ditilang bersikaplah seakan anda bersalah jika anda memang terbukti bersalah, jangan membuat sebuah perlawanan baik berupa kata-kata kasar ataupun adu fisik dengan petugas. Dengan menerapkan sikap yang sopan akan besar kemungkinan anda hanya akan mendapatkan sebuah teguran bukan berupa sanksi dan setelah itu anda akan dibolehkan untuk pergi.

2. Berikan alasan yang jelas


Apakah anda pernah membuat sebuah alasan ketika anda melakukan kesalahan? jika pernah sebaiknya anda harus memperhatikan apakah alasan yang anda gunakan mampu mengelabui petugas atau tidak. 
Alasan yang digunakan saat ditilang oleh polisi harus jelas, karena anda akan di Interogasi secara mendalam mengapa anda melanggar aturan lalu lintas. Jangan pernah sesekali melontarkan alasan yang ngeyel seperti lupa, terburu-buru dan sejenisnya. Alasan terbaik adalah alasan yang bersifat penting, contohnya :

    1. Menyangkut nyawa seseorang
    2. Menyangkut masa depan ( seperti mau wisuda di hari H )
    3. Berpergian kurang dari 150m

3. Membawa seluruh persyaratan berkendara


 Walaupun anda telah membawa semua aksesoris dan syarat-syarat berkendara seperti SIM dan STNK, anda tetap akan diberhentikan jika sedang dilakukan sebuah Operasi Zebra.

Saat diberhentikan, anda tidak perlu cemas lagi akan dikenakan sanksi atau resiko lainnya, karena petugas akan memeriksa persayratan berkendara. Jika semua syarat terpenuhi maka anda akan dibolehkan untuk melanjutkan perjalanan anda.


4. Hubungi kerabat yang mempunyai hubungan dengan kepolisian


 Ini bukan sebuah hal yang aneh lagi dikalangan bangsa kita ini, sangatlah banyak digunakan cara seperti ini dan memang terbukti bisa membebaskan pengendara yang melanggar tata tertib agar lolos dari jeratan hukum lalu lintas.

Bagi pengendara yang memiliki kerabat yang bekerja sebagai polisi atau sejenisnya, menghubungi kerabat tersebut adalah jalan yang paling tepat. Karena dengan menghubungi kerabat maka besar kemungkinan masalah selesai ditempat tersebut, hal ini disebabkan karena dalam kepolisian itu menjunjung tinggi loyalitas, maka si pengendara yang merupakan kerabat dari teman kerjanya akan mendapatkan sebuah perilaku spesial.

Demikian tips dan trik jitu yang dapat meloloskan anda ketika mengalami penilangan dalam berkendara, semoga dapat membantu anda dalam berkendara.

~Patuhi Hukum Rakyat Merdeka~
Newer Oldest

Related Posts

Subscribe Our Newsletter