Cara Mudah berhenti menjadi Otaku atau Weeaboo


Mungkin istilah Weeaboo atau wibu, vvibu maupun weabo tidak asing lagi didengar bagi kalian yang memiliki ketertarikan dengan Jepang. Weeaboo sendiri adalah orang-orang yang terlalu fanatik terhadap segala hal yang berbau Jepang, seperti Anime, Komik Jepang dan masih banyak lagi.

Selanjutnya ada istilah Otaku, sebenarnya istilah Otaku sediri tidaklah aneh maknanya, pada dasarnya Otaku yaitu seorang yang menekuni hobi. Otaku sendiri dikhususkan untuk orang Jepang saja, kesamaan Otaku maupun Weeaboo bisa dibilang tipis, kalau Otaku bisa disebut dengan penggemar berat dari suatu karya dan weeaboo sendiri adalah penggemar sekaligus menerapkan hobinya tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Berbeda dengan Weeaboo, Otaku masih mencintai budaya negaranya sendiri karena mereka adalah orang Jepang asli, sedangkan Weeaboo adalah sebutan bagi orang luar dengan hobi yang sama, tapi lebih mengagungkan Jepang daripada negara asal dia sendiri. Mereka menganggap Jepang merupakan negara paling sempurna didunia dan masih banyak lagi anggapan nyeleneh dari seorang Weeaboo.

Akibat yang bisa terjadi ketika menjadi seorang Weeaboo atau Otaku bisa jadi seperti

  • Kurang percaya diri untuk bergaul dengan sesama
  • Merasa dikucilkan
  • Memiliki pikiran yang sempit
  • Menjadi orang yang individualis
  • Tidak adanya semangat untuk mengembangkan hal baru, karena terlalu sibuk dengan hobinya
  • Hidup boros yang disebabkan oleh hobi seperti membeli figure karakter kesukaan
  • dan masih banyak lagi
Lantas bagaimana dengan kalian yang sudah terlanjur menjadi Weeaboo atau Otaku? 
Apa yang harus kalian lakukan untuk berhenti menekuni hobi kalian yang tidak bermanfaat bagi masa depan kalian?

Berikut cara mudah agar bisa berhenti menjadi Otaku atau Weeaboo.

1. Hapus atau buang semua koleksi yang menyebabkan kalian tertarik untuk mendalami hobi 



Untuk awalan alangkah lebih bagus dimulai dengan hal yang kecil, yaitu dengan cara menghapus koleksi-koleksi yang berhubungan dengan hobi kalian seperti komik, video Anime, figure-figure sampai poster.

Dengan cara seperti ini bisa membuat kalian mulai membuka fikiran tanpa dibawah bayang-bayang hobi kalian. Karena dengan tetapnya kalian menyimpan hobi kalian, tidaklah mungkin kalian tidak tertarik untuk melihat hobi kalian itu kembali, jadi cara efektifnya adalah dengan cara menghapus atau membuang hal tersebut.

2. Cari kesibukkan lain 



Setelah menghapus dan membuang semua hal yang berhubungan dengan hobi kalian, pasti kalian akan merasakan bosan dan sepi karena semua yang menghibur kalian sudah tidak ada. Jangan sampai anda berniat untuk mencoba kembali hobi anda seperti mendownload ulang dll. 

Untuk mengatasi kebosanan kalian, kalian harus mencari kesibukkan lain yang tentunya bermanfaat bagi kalian seperti, belajar atau membantu orang tua. Namun bagaimana jika kalian telah melakukannya dan tetap merasa bosan? Satu-satunya cara adalah dengan cara menghibur diri kalian sendiri seperti ikut touring, atau jalan-jalan ke tempat yang kalian suka atau mengikuti seminar-seminar yang memotivasi kalian untuk lebih semangat menjalani hidup kalian tanpa mengungkit kembali hobi kalian.

3. Mulai bersosialisasi seperti berteman


Seperti yang dibahas sebelumnya efek negatif menjadi Weeaboo atau Otaku yaitu mengakibatkan kurangnya bersosialisasi, sekarang saatnya untuk memulai semua dari awal. Mendekatlah kedalam lingkup masyarakat, mulailah untuk menambah teman satu persatu. Mulailah untuk berani berbicara dan memaparkan pendapat.

Dengan menambah banyaknya hubungan dengan orang lain, maka kehidupan akan terasa lebih berwarna dan tidak akan mengingatkan kalian dengan hobi kalian terdahulu. Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengatasi kejenuhan kalian setelah menghapus semua hobi kalian.

4. Pikirkan masa depan



Disaat masih menjadi seorang Weeaboo atau Otaku, mungkin tidak akan terbersit didalam pemikiran kalian tentang masa depan. Kebanyakan dari Weeaboo dan Otaku hanya memikirkan kesenangan dengan hobi mereka. Untuk itu mulai dari sekarang kalian harus memikirkan masa depan kalian selanjutnya. Kalian akan merasakan diri kalian berguna di masa depan jika kalian terbebas dari hobi kalian tersebut.

Dengan memikirkan masa depan, maka kalian akan terpacu untuk terus mencapai tujuan kalian tersebut dan memiliki masa depan yang cerah dan tidak adanya penyesalan.

5. Cari pendamping hidup



Jangan berpikir terlalu jauh dulu dengan kalimat pendamping hidup,  maksudnya disini adalah kalian carilah pacar atau orang dekat yang mampu menemani kalian dikala jenuh mulai masuk kedalam diri kalian. Orang dekat adalah solusi terbaik yang mampu menghilangkan stress kalian. Dengan adanya orang dekat kalian bisa curhat dan pastinya bisa membuat pikiran kalian lebih lega karena tidak menahan sendiri kesulitan kalian.

6. Perdalam ilmu agama



Ada beberapa orang Weeaboo atau Otaku yang menjadikan hobinya sebagai pelampiasan nafsu, hal ini dapat digambarkan seperti menonton Anime dewasa. Dengan menonton anime seperti itu membuat psikis kalian menjadi buruk. Banyak yang menjadi pedofil dan yang lebih parahnya yaitu hilangnya ketertarikan dengan lawan jenis di dunia nyata. Mereka lebih mengagung-agungkan tokoh-tokoh di anime tersebut.

Tahukah kalian perbuatan tersebut sudah masuk ke tahap yang sangat tidak normal? supaya tidak sampai ke tahap yang sangat buruk tersebut, mulailah memperdalam lagi ilmu agama kalian. Kalian akan diberi ketenangan jiwa setelah mendalaminya, dan mudah-mudahan kalian akan menjadi pribadi yang baik dan disegani oleh kerabat maupun orang lain.

Mungkin sekian dulu artikel tentang Cara mudah berhenti menjadi Weeaboo atau Otaku , mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Pesan dari Admin : "Hargai hidup kalian sepenuhnya, jangan kalian sia-siakan, hidup hanya sekali, buatlah kesan yang indah selama kalian hidup agar tidak ada penyesalan di kemudian hari"

~Sampai jumpa teman seperjuangan...


Related Posts

Subscribe Our Newsletter