Tips Aman Ketika Ingin Membeli Smartphone dari BATAM


Siapa yang tidak ingin memiliki smartphone flagship tapi dengan harga yang murah? Mungkin tidak ada satupun orang yang tidak menginginkannya. Karena semakin cerdasnya rakyat Indonesia, barang-barang yang mahalpun bisa dijual dengan harga yang sangat murah. Itulah yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia seperti Batam. 

Smartphone-smartphone yang dijual di Batam identik dengan harga yang murah, namun tahukah anda mengapa harga smartphone-smartphone tersebut dijual dengan harga yang murah dibandingkan dengan smartphone-smartphone yang dijual diluar Batam?
Pertanyaan diatas bisa dijawab dengan sebuah pernyataan bahwa smartpone-smartphone yang dijual di Batam bebas PPN. Apa itu PPN ?
PPN adalah singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai, PPN sendiri berfungsi sebagai pajak yang dikenakan setiap pertambahan volume dari barang ataupun jasa yang peredarannya dari Produsen ke Konsumen. Di Batam, seluruh barang elektronik tidak akan terkena PPN sedikitpun, termasuk Smartphone, oleh sebab itu harga smartphone di Batam normalnya akan lebih murah kisaran 10% - 20%.

Dengan murahnya barang elektornik yang dijual di Batam, menyebabkan banyaknya seller-seller pasar gelap yang memanfaatkan murahnya harga tersebut, dengan cara menjual kembali barang yang tersedia baik barang baru maupun barang bekas pakai.
Para penjual tidak hanya menjual didaerah sekitar, mereka mulai melakukan bisnis penjualan yang luas seperti dengan membuka toko online, atau memasarkan produk mereka di toko-toko online Indonesia seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Namun apakah semua penjual tersebut jujur dalam menjual produknya seperti Smartphone? Jawabannya adalah TIDAK. Banyak kejadian berupa penipuan seperti smartphone yang diterima dalam keadaan rusak, ataupun suku cadang smartphone telah diganti-ganti tidak sesuai dengan bawaannya.

Jika memang merasa ingin membeli smartphone murah dari Batam, anda harus memperhatikan hal-hal yang akan merugikan anda. Untuk menghindari kerugian tersebut ada beberapa tips aman ketika ingin membeli smartphone di Batam seperti :

1. Pilihlah Seller yang terbukti memberikan kepuasan kepada pembelinya


Dengan adanya toko online memudahkan para penjual untuk memasarkan produknya dengan cakupan luas. Dengan membeli smartphone Batam lewat toko online, pastikan reputasi penjualnya
terpercaya dengan adanya penilaian dari pembeli.
Penilaian ini bisa anda perhatikan dengan berapa bintang yang diterima oleh si penjual ataupun berapa barang yang terjual setiap bulannya dan apa saja komentar dari para penjual, apakah komentarnya berisi umpatan atau pujian.

2. Jangan pilih barang dengan selisih harga yang sangat jauh



Inilah faktor sebenarnya yang menyebabkan masyarakat tertarik untuk membeli smartphone dari Batam, yaitu harga yang murah meriah. Ketika ingin membeli smartphone dari Batam, sebaiknya memilih smartphone yang memiliki selisih harga yang tidak terlalu jauh misalkan harga asli diluar Batam Rp. 1.000.000 dan di Batam seharga Rp 850.000, selisih harga tersebut masih tergolong wajar, dan bagaimana dengan selisih harga yang hampir setengah dari harga asli diluar Batam? 
Perbedaan harga yang sangat besar merupakan sebuah hal yang meragukan kualitas suatu Smartphone. Walaupun smartphone tersebut tidak dikenakan PPN, harga smartphone tersebut tidak akan menjadi murah sekali, jadi pertimbangkanlah harga yang ditarok oleh si penjual tersebut.

3. Jangan terlalu tertarik dengan kata-kata like new atau seperti baru (Smartphone Bekas)


Ketika akan membeli smartphone Batam, biasanya penjual akan memaparkan kondisi fisik dari smartphone tersebut, mulai dari lecet, tompel sampai tidak ada lecet sekalipun atau sering juga disebut like new.
Perbedaan kondisi fisik smartphone tidak bisa menjamin apakah performa smartphone sama bagusnya denga fisik smartphone tersebut. Fisik smartphone bisa ditukar dengan material-material imitasi dan kelihatan seperti baru lagi. 
Akan lebih baik membeli smartphone Batam yang fisiknya terdapat lecet-lecet pemakaian daripada mulus tanpa lecet sedikitpun. Logikannya seperti ini, tidak akan mungkin bila tidak terdapat lecet sedikitpun jika barang tersebut bekas pakai orang lain, walaupun dipakai dalam waktu yang sebentar. Jadi jangan terlalu menilai fisik smartphone yang dibeli di Batam, lebih baik lecet sedikit tapi tahan lama, daripada mulus tapi isi dalamnya sudah dibongkar.

4. Siap-siap menerima resiko biaya pengembalian barang jika barang tersebut rusak


Para penjual di Batam biasanya akan memberikan garansi untuk setiap produknya, durasi garansi biasanya bermacam-macam, mulai dari seminggu setelah barang diterima ( barang bekas ) sampai 3 bulan setelah barang diterima ( barang baru ).

Namun bagaimana jika smartphone yang kita terima rusak ketika masih dalam garansi? bagaimana cara kita mengklaim garansinya? 
Untuk claim garansi smartphone yang rusak para pembeli harus mengirimkan barang tersebut kepada si penjual dengan biaya refund sepenuhnya ditanggung oleh pembeli, biaya pengiriman kembali tersebut biasanya berkisar dari Rp 200.000 - Rp 300.000. Biaya tersebut sangat merugikan para pembeli, tujuan awal ingin mendapatkan smartphone mewah dengan harga yang murah malah dikenakan biaya refund ratusan ribu. 

5. Jangan pernah memakai aksesoris yang dijual di Batam


Smartphone yang dijual di Batam biasanya dijual dengan cara batangan alias hp saja. Untuk mendapatkan semua aksesoris smartphone biasanya pembeli akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 100.000.
Namun tahukah anda bahwa aksesoris yang dijual tersebut bukanlah original? Aksesoris-aksesoris seperti charger, kabel USB, ataupun kotak smartphone tidaklah barang original. Aksesoris-aksesoris tersebut adalah barang replika, jika anda mengunakan aksesoris yang tidak original tersebut bisa jadi mengakibatkan kerusakan pada smartphone anda. Jadi jangan percaya dengan aksesoris-aksesoris yang dijual di Batam terutama Charger Smartphone.

6. Reset smartphone setelah membeli smartphone dari Batam 


Ini bukan hal aneh lagi yang terjadi ketika membeli smartphone Batam yang mendapat kendala setelah di reset , smartphone dari Batam ketika dibeli penampilan pertama dipakai bisa dibilang hampir semua fitur bisa digunakan. Namun ada kejadian yang baru-baru ini terjadi seperti error yang terjadi setelah smartphone di factory reset ( reset ke mode pabrik ) yaitu smartphone tidak mau hidup, atau kartu SIM di lock.

Hal ini dapat terjadi karena tampilan utama sebelum di reset adalah palsu, tampilan tersebut akan terhapus setelah melakukan penghapusan semua data di smartphone. Untuk itu berhati-hatilah ketika membeli smartphone di Batam.

7. COD lebih baik daripada lewat Toko Onlie


Maraknya penjualan smartphone Batam melalui toko online yang menipu pembelinya, dengan iming-iming harga yang murah dan sebagainya, membuat kecemasan tersendiri pada diri pembeli. Untuk menghindari penipuan tersebut terutama barang yang dikirimkan dengan perantara toko online, sebaiknya anda menghubungi penjual tersebut dan melakukan sistem Cash on Delivery (COD). 
Dengan COD para pembeli dapat memeriksa smartphone tersebut secara langsung dihadapan penjualnya, dan bisa komplain langsung jika terjadi kejanggalan yang terdapat di smartphone tersebut sebelum uang anda diterima oleh si penjual.

Itulah beberapa tips yang dapat dijadikan acuan ketika ingin membeli smartphone dari Batam, semoga bermanfaat bagi anda dan lebih berhati-hati membeli smartphone yang dijual di Batam terutama dengan harga yang miring. 

~Jadilah pembeli yang cerdas.....


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel