Cara Mudah Lolos Wawancara Kerja dengan Tips Berikut Ini


Banyak para sarjana-sarjana yang memiliki nilai yang tinggi dan ingin melamar kerja, tetapi gagal ketika seleksi wawancara kerja. Interview merupakan hal yang penting saat penerimaan karyawan, karena dari jawaban-jawaban yang diutarakan akan menggambarkan cara dan etika kerja calon karyawannya.

Melalui wawancara, perusahaan juga akan menilai mana para pelamar yang memiliki kepribadian yang mirip dengan visi dan misi perusahaan.

Oleh karena itu, wawancara kerja menjadi sangat penting. Wawancara sendiri bertujuan untuk mengingat pengenalan terhadap calon karyawan yang akan mendaftar atau melamar ke dalam perusahaan.

Banyak calon karyawan atau pelamar yang telah lolos seleksi ujian tulis, namun gagal menghadapi seleksi lisan ini. Bagi kalian yang pantang menyerah dan terus ingin mencoba sampai berhasil, ada beberapa tips yang dapat di terapkan sebelum melakukan wawancara kerja agar sukes dan lolos seleksi.

1. Persiapkan Diri Jauh Hari Sebelum Wawancara

persiapkan diri
Persiapkan Diri
Banyak artikel-artikel yang beredar di internet seperti daftar pertanyaan-pertanyaan yang sering atau umum ditanyakan ketika wawancara.  Anda dapat membuat daftar pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian menghapalnya sampai bisa menjawab pertanyaan tersebut tanpa tersendat-sendat karena grogi atau ragu.

2. Perlihatkan Kelebihan Anda (Poin Plus)

kelebihan
Tujukkan kelebihanmu
Analisa diri anda sendiri, cari tahu apa kelebihan anda dan jadikan itu sebagai senjata yang bisa mendapatkan nilai lebih di mata perusahaan yang ingin anda masuki. Dengan menunjukkan nilai lebih anda, tentu akan membantu perusahaan untuk memastikan bahwa anda merupakan calon yang tepat dan yang perusahaan inginkan.

3. Pandai Memanajemen Waktu

Waktu saat wawancara sangatlah berharga jika anda ingin diterima dengan mudah. Oleh sebab itu hindarilah bertele-tele saat memberikan jawaban, langsung saja ke point utama yang ditanya.
Penelitian menunjukkan bahwa pewawancara dapat memberikan keputusan kurang dari 5 menit pertama wawancara, sangat bahaya bukan?

4. Bawalah CV setiap Wawancara Kerja

cv
Membawa CV
Membawa CV tentang diri anda juga berpengaruh saat dilakukan wawancara, adakalanya pewawancara akan melihat CV anda. Dengan adanya CV mungkin akan mengurangi beban ada, karena pertanyaan yang ingin pewawancara tanyakan sudah terjawab di dlam CV. Dan CV juga dapat menjadi nilai lebih ketika pewawancara tertarik dengan pengalaman hidup anda.

6. Berpikiran Positif

berpikiran positif
Berpikiran Positif
Adakalanya pewawancara dengan sengaja mengajukan petanyaan mengenai hal-hal negatif yang terjadi di linkungan sekolah atau tempat  anda sebelum bekerja. Ingatlah untuk selalu berpikir positif, hindari petanyaan tersebut dengan memberikan jawaban atas petanyaan yang berlawanan. Dengan cara ini, pewawancara akan fokus pada aspek positif yang diberikan.

7. Ekspresi, Gerak-gerik dan Bahasa Tubuh yang Sesuai

Saat baru masuk kedalam ruangan dimana anda akan diwawancarai, anda sudah diperhatikan oleh pewawancara mulai dari posisi anda berjalan, tatapan anda dan ekspresi wajah anda. Pakaian yang dikenakan juga sangat berpengaruh terhadapa nilai anda, pakaian juga dapat menjelaskan kepiribadian anda yang sebenarnya.

Ketika diajukan pertanyaan, tataplah mata si pewawancara dengan melontarkan jawaban yang tepat dan tidak gugup apalagi sampai berkeringat dingin, bukan hanya gagal saat wawancara tapi anda juga akan merasa malu pada diri anda sendiri

8. Jabat Tangan si Pewawancara dengan Erat 

berjabat tangan
Jabat Tangan Pewawancara
Ketika setelah melakukan wawancara, jabatlah tangan si pewawancara dengan erat dan berwibawa. Ini menunjukan bahwa anda merupakan pribadi yang sigap dan dapat bekerja sama dengan baik ketika melakukan sebuah pekerjaan kelompok.

9. Mengucapkan Terima Kasih

Setelah di wawancarai, hal yang harus anda lakukan adalah mengucapkan terimakasih. Cara ini menunjukan bahwa anda adalah orang yang bertata krama dan mudah dijadikan sebagai karyawan perusahaan yang dapat diletakkan dimana-mana karena sikap anda yang membuat sekeliling anda menjadi nyaman.

10. Optimis

optimis
Optimis
Dengan memasang niat dan berlatih secara rutin, anda akan dapat membiasakan diri terhadap pertanyaan-pertanyaan yang akan menjebak anda. Jangan khawatir, jadikan wawancara sebagai ajang untuk berkompetisi sesama pelamar lain, dan menunjukkan seberapa pantas diri kita untuk meraih pekerjaan yang kita inginkan.
cara diterima saat lamar kerja, cara suskses interview, cara wawancara, cara sukses wawancara, tips saat wawancara, cara mendapat pekerjaan, cara mudah lolos interview, lolos wawancara, cara jitu lolos wawancara, pertanyaan saat wawancara, cara jawab pertanyaan wawancara, cara sukses saat wawancara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel