8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Sampai 30 Juta Perhari


Banyak orang bilang kalau mendapatkan uang dari internet itu mudah, tapi apakah semudah itu? Jika kalian merupakan orang yang giat mencari uang lewat internet, maka kalian tidak salah membaca artikel ini.

Banyak cara-cara yang terbukti menghasilkan uang lewat internet, namun tidak semuanya itu benar. Banyak juga diantara cara-cara tersebut yang merupakan tipuan belaka.

Namun semua itu mungkin tidak akan membuat para pencari uang di internet menjadi putus asa dan kemudian menyerah. Peluang usaha yang dapat menghasilkan uang dari internet pun sangatlah banyak.

Sekarang saya akan menjawab sebuah pertanyaan, "Kenapa orang lebih memilih mencari uang lewat internet?"

Jawabannya sangat simple. Internet memiliki jangkauan yang sangat luas atau meliputi seluruh dunia.

Dikarenakan jangkauan yang sangat luas, orang-orang mulai berpikir bahwa dengan memanfaatkan internet, maka mereka bisa merubah pola hidup mereka yang mulanya berkuli jika dia seorang kuli atau sejenisnya dan ingin menjadi orang yang dapat berkerja tanpa perlu keluar keringat layaknya seorang bos besar dalam suatu perusahaan.

Mungkin anda pernah mendengar bahwa ada orang yang cuma mempromosikan sebuah produk di internet kemudian menjadi kaya raya. Nah hal seperti itulah yang membuat orang terpacu untuk mencari uang lewat internet.

Dari kasus diatas bisa kita ambil beberapa pertanyaan seperti:
  1. Bagaimana dia mempromosikan produknya
  2. Berapa penghasilan yang dia dapatkan?
  3. Dan masih banyak lagi...
Setelah mengetahui apa faktor-faktor penyebab orang mencari uang lewat internet, sekarang mari kita bahas apa saja cara-cara yang dapat menghasilkan uang tersebut.

1. Menjadi Blogger

Menjadi Seorang Blogger
Banyak orang yang menganggap kalau menjadi seorang blogger itu mudah, hanya dengan menulis sebuah artikel dan uang akan mengalir setiap ada yang membaca artikel tersebut.

Namun pernyataan tersebut adalah SALAH. Untuk menjadi seorang blogger yang sukses, perlu melewati tahap-tahap yang ribet dan juga membosankan. 

Banyak diantara para blogger berhenti dalam waktu singkat antara 2 - 4 minggu. Penyebabnya karena blog yang mereka buat sepi pengunjung atau karena ngeblog hanya sebagai tujuan mencari uang.

Menjadi seorang blogger tidak hanya semata-mata demi uang, blogger harus mampu menguasai niche (tema) blog yang dipakainya.

Misal blognya bertema kesehatan, maka si pemilik blog harus menguasai tema tentang kesehatan tersebut. Jika tidak menguasai tema tersebut, sangatlah mustahil akan tercipta artikel yang berkualitas dan pastinya tidak akan mendapatkan visitor / pengunjung.

Hal yang perlu diubah bagi seorang blogger pemula adalah jangan ngeblog karena uang, ngeblog lah karena kamu suka menulis, suka membagi pengalamanmu, suka memberi solusi dalam bentuk tulisan dan sejenisnya.

Setelah kamu menerapkan niat untuk ngeblog, fokuslah mencari pengunjung yang akan mengunjungi blog kamu tersebut. Tanpa adanya pengunjung pastinya tidak akan menghasilkan pundi-pundi uang bukan?

Setelah mendapatkan pengunjung yang tetap atau sering disebut sebagai pembaca yang setia, maka kamu bisa masuk ke tahap yang selanjutnya, yaitu tahap yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Caranya adalah memasang iklan di blog. Banyak para penyedia iklan yang terbukti membayar publishernya, salah satunya yang terkenal adalah Google Adsense. 

Baca Juga : Cara Mendaftarkan Blog Ke Google AdSense LENGKAP

Mendaftarkan blog ke dalam google adsense bukan juga hal yang mudah dilakukan. Kamu harus memenuhi persyaratan mendaftar Google Adsense di blog. Biasanya akan dihitung seperti jumlah artikel dan umur blog.

Setelah berhasil mendaftar Google Adsense, sekarang saatnya kamu memasang iklan di dalam blog kamu.

Pasanglah iklan yang sifatnya tidak menganggu pengunjung tetapi letaknya strategis dan membuat pengunjung tertarik untuk meng-klik iklan.

Dengan adanya visitor yang tetap dan akan makin berkembang sepanjang hari, maka pasti akan semakin banyak orang yang akan melakukan klik kepada iklan. Tentunya uang datang dengan sendirinya bukan?

Salah satu blogger indonesia yang telah sukses di Dunia Blogger adalah Mas Sugeng. Disana kamu juga dapat belajar tips dan trik menjadi blogger pemula yang sukses.

2.  Youtuber

Youtube
Menjadi seorang Youtuber juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang sangatlah besar. Kenapa begitu?

Ayo saya kasih contoh.

Jess no limit (Justin)
Mungkin kalian sudah tidak asing dengan wajah diatas, yap benar sekali dia itu adalah Jess no limit. Dia berhasil mendapatkan 1 juta subscriber hanya dalam kurun waktu 5 bulan, angka yang fantastis bukan?

Jess no limit mampu mengambil peluang dari Youtube dengan membuat konten berjenis Game Android yang sedang Viral, yaitu Mobile Legends. 

Dengan membuat konten Viral, viewersnya semakin meningkat setiap harinya. Dan dengan peningkatan viewers tersebut pastinya dapat diuangkan.

Terbukti dalam salah satu videonya Jess dapat membeli sebuah mobil dengan penghasilan menjadi seorang Youtuber.

Sekarang kembali kedalam topik pembahasan kita. Bagaimana cara mendapatkan uang dengan menjadi seorang Youtuber?

Tidak jauh berbeda dengan sebuah blog, Youtuber juga sangat memerlukan pengunjung. Tanpa adanya pengunjung maka kamu akan membuat konten yang merugikanmu, di mulai dari waktu yang dihabiskan membuat konten, kuota untuk mengupload dan juga tekanan untuk menjadi Youtuber tersebut.

Fokus utama ketika menjadi Youtuber pemula adalah mencari pengujung dan para subscriber sebanyak-banyaknya. Dengan adanya subscriber yang banyak, pasti video yang kamu upload juga akan banyak viewersnya.

Tapi jangan terpaku dulu dengan subscriber. Banyak para Youtuber pemula yang memanfaatkan tools yang dapat menaikkan jumlah subscriber atau menyuruh orang secara sengaja untuk subscribe sebuah chanel. 

Hal seperti ini sangatlah di larang dalam Youtube. Youtube menegaskan kepada para Youtuber agar mencari viewers yang alami dan juga subscriber yang alami.

Tentunya larangan youtube itu ada benarnya. Misalkan kamu memiliki sebuah chanel youtube dan subscriber-nya sudah sampai 100 ribu. Tapi kamu menggunakan tools untuk menaikkan subscriber.

Ketika kamu mengupload sebuah video apakah kamu bisa menjamin 100 ribu subscribermu akan menonton video yang kamu upload?

jawabannya..  Tidak

Subscriber yang tidak alami hanyalah sebuah angka, bukan sebuah hal yang akan memberikan dampak baik buat chanelmu. Subscriber yang diperoleh dari sebuah tools atau cara curang lainnya, bukanlah seorang subscribers yang tertarik dengan videomu. Jadi mereka belum tentu menonton videomu.

Setelah membuat chanel Youtube dan mendapatkan subscriber. Sekarang kamu bisa menghasilkan uang dari chanel tersebut. Caranya tidak jauh berbeda dengan blog, yaitu dengan memasang iklan.

Salah satu penyedia iklan yang besar pastinya tidak salah lagi yaitu Google Adsense. Disini kamu akan mendaftarkan chanelmu ke Google Adsense dan jika telah diterima, pastinya iklan akan otomatik muncul di dalam videomu.

Rata-rata pendapatan yang bisa di dapat dari youtube, kasarnya dapat kita perkirakan seperti ini.
  1. 1000 Viewers / $ 1
  2. 10.000 Viewers / $ 10
  3. 100.000 Viewers / $ 100
  4. 1.000.000 Viewers / $ 1000
Nah mungkin banyak yang berpendapat bahwa pendapatan Youtuber bisa diperkirakan dari total Viewersnya. Seperti list diatas bahwa jika video kamu mendapatkan jumlah viewers sebanyak 1000 maka kira-kira kamu akan mendapatkan $1.

Perkiraan tersebut tidaklah salah, tapi tidak juga benar. Sistem dari iklan youtube adalah publisher akan mendapatkan uang jika.
  1. Iklan tidak di skip (dilewati) oleh penonton.
  2. Iklan di klik penonton
Itulah hal yang menentukan kamu mendapatkan uang atau tidak. Bisa saja kamu mendapatkan 1000 viewers tapi tidak ada satupun orang yang tertarik dengan iklan mu dan melewati iklan tersebut.

Jadi perkiraan pendapatan youtube diatas tidak semuanya benar.

Jika sebuah chanel memiliki topik tentang game, dan iklan yang tampil juga memiliki topik game. Maka peluang orang akan klik iklan atau tidak melewati iklan akan semakin besar. 

Jika iklan yang ditampilkan berbeda jauh dengan topik video yang di tonton viewers, misal viewers menonton sebuah video bertema game, dan muncul iklan tentang pakaian, tentunya peluang iklan tersebut di klik atau tidak di lewati semakin kecil. Seperti itulah kira-kira peluang pendapatan dari youtube.

3. Mendapatkan Uang dengan Mengikuti Survey Online

Mengikuti Survey Online
Saat sekarang ini banyak situs-situ seperti Clixsense, YouGove Indonesia, Neobux, SurveyOn dan sejenisnya yang menyediakan sebuah fitur pengisian sebauh survey.

Dalam pengisian sebuah survey kamu akan dibayar mulai dari 0.3 - 6$ / survey. Bayarannya cukup tinggi bukan?

Dengan mengikuti survey online tersebut, kamu tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk mengisinya. Kamu dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Pilihan survey yang disediakan oleh situs-situs survey online biasanya beragam. Ada situs yang menyediakan pilihan bahasa masing-masing survey seperti pada situs YouGove yang dapat mempermudah kamu dalam pengisian survey.

Tapi ingat, dalam pengisian survey ada ketentuan yang harus kamu taati seperti :
  1. Isi survey sesuai dengan apa yang terjadi dengan dirimu dan pendapatmu.
  2. Jangan mengisi survey terlalu cepat.
  3. Jawab pertanyaan yang sama dengan jawaban yang sama.
Nah seperti itulah umumnya beberapa ketentuan dalam pengisian survey.

Saya sendiri dulu pernah mengikuti survey pada situs YouGove, disana saya harus mengumpulkan 5000 point. Saya tekun mengikuti survey tersebut selama 2 bulan, akhirnya saya bisa mendapatkan uang sebesar 400 ribu rupiah hanya dengan mengisi survey dikala saya bosan saja.

Sungguh menarik bukan?

Masuk ke topik utama lagi, mendapatkan uang dengan mengikuti survey online memanglah tidak terlalu besar. Tapi kamu jangan salah dulu, situs-situs survey online biasanya membuka sebuah fitur share link, yang dimana jika kita membagikan link tersebut kemudian orang lain melakukan klik dan ikut mengisi survey maka kamu akan dibayar mahal.

Nah sekarang kita dapat sebuah peluang untuk menjadikan itu penghasilan yang besar. 

Bayangkan kamu memiliki sebuah blog yang memiliki ribuan bahkan ratusan ribu pengunjung tiap hari. Maka kamu dapat dengan mudah membuat sebuah artikel yang ujungnya menjurus ke link yang dikasih oleh penyedia survey tadi. 

Jika kamu memiliki 10 ribu pengunjung perhari, dan ada 500 orang tertarik dengan link tersebut (kamu harus pandai membuat link ini agar di klik oleh orang, seperti membuat iklan agar itu di klik oleh orang), maka kamu bisa mengalikan penghasilan yang kamu dapatkan.

Misalnya penyedia survey akan membayar kamu sebesar 1$ untuk tiap link yang di klik dan diisi survey, berarti 500 x $1 = $500, lumayan bukan?

Tapi ingat, ada bebarapa situs penyedia survey yang melarang metode seperti ini, sanksi yang dapat diterima dapat berupa banned account, jadi jangan asal-asalan mempromosikan link tersebut.

4. Membuka Toko Online

Toko Online
Mendengar kata-kata membuka toko online sering membuat orang menjadi pesimis. Karena tentunya membuka toko online akan memiliki persaingan yang tentunya sangatlah sengit. Terutama persaingan dengan toko online besar seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Tapi tenang, tujuan kamu membuka toko online sekarang ini bukan untuk bersaing dengan toko online populer. 

Toko online yang akan kamu buat adalah toko online yang menjual satu jenis produk saja.

Jika kurang paham maka akan saya berikan contoh.

Misal di Toko Online besar seperti lazada menjual berbagai macam produk mulai dari kosmetik, elektronik dan sabagainya. Kamu cukup membuka toko online yang terdiri dari satu produk saja seperti produk kecantikan.

Para pembeli pasti akan menggunakan Google Search dengan keyword seperti "masker pemutih kulit" dan sejenisnya. Tentunya yang ada di halaman pertama adalah toko online yang besar.

Tapi jangan putus asa dulu, banyak para pembeli yang lebih percaya dengan sebuah toko online yang kecil tapi memiliki bukti testimoni yang dapat membuat toko online tersebut menjadi toko online terpercaya.


Perhatikan gambar diatas, pada perncarian dengan keyoword "Obat Pelangsing" tentunya yang menduduki nomor paling atas adalah toko online besar, pada gambar yaitu Tokopedia. Namun coba lihat dibawahnya, ada sebuah toko online kecil yang juga menjual obat yang sama yaitu razerherbal.id. 

Bagaimana toko online tersebut dapat bersaing dengan toko online besar seperti Tokopedia?
Ini jawabannya


Itu merupakan sepenggal percakapan yang ada di dalam menu testimoni dari toko online tesebut. Penjual di sebuah toko online harus wajib merespon apa saja tanggapan dari pembeli termasuk yang akan membeli.

Jika produk kamu telah terjual, coba kamu tanyakan kepada orang yang membeli produk kamu tersebut agar mereka memberikan sebuah testimoni.

Testimoni-testimoni yang diberikan dapat kamu screenshot seperti berupa chat atau sejenisnya, kemudian kamu masukkan kedalam toko online kamu.

Otomatis dengan adanya bukti testimoni tersebut, orang-orang yang berkunjung ke toko online kamu akan menjadi lebih tertarik dan ingin membeli produkmu karena terbukti terpercaya dan bukan penipuan.

Sekarang kita kalkulasikan tentang pendapatan yang kamu dapatkan dengan membuka toko online

Misalkan dalam sehari kamu dapat menjual sebuah produk dengan sistem offline (tatap langsung dengan pembeli) sebanyak 10 produk dengan harga misal 35.000 Rupiah jadi bisa ditotalkan 35.000 x 10 = 350.000. 

Dan kemudian kamu memiliki toko online yang tentunya pengunjungnya berasal dari berbagai wilayah, misal yang berkunjung ke toko onlinemu ada 10 ribu pengunjung dan sekitar 200 diataranya membeli produkmu, coba kalikan berapa penghasilanmu. 35.000 x 200, hasilnya adalah 7.000.000, kenaikan pendapatkan yang sangat signifikan bukan?

Tapi ingat, buatlah toko online yang memiliki cara-cara pembelian produk yang jelas. Seperti kontak yang bisa dihubungi, metode penyelesaian jika barang tidak kunjung diterima pembeli dan pengembalian uang pembeli.

5. Menggunakan Aplikasi Whaff Reward

Tampilan aplikasi whaff
Para pengguna smartphone mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikas ini. Whaff reward merupakan aplikasi yang dapat menghasilkan uang hanya dengan mendownload aplikasi yang terdapat pada pick-pick yang disediakan.

Saya sendiri sampai sekarang masih menggunankan whaff reward sebagai pendapatan sampingan saya.

Pendapatan yang dihasilkan dari whaff reward terbilang lumayan, hanya dengan menginstall sebuah aplikasi anda dapat dibayar mulai dari 0.01 - 1.5 $ /aplikasi.
Itu hanya mendownload aplikasi dan menginstallnya, masih ada tugas lain yang dapat menghasilkan penghasilan tambahan seperti kamu disuruh untuk menjalankan aplikasi selama lebih kurang 3 menit dan mendapatkan $ 0.3 , mencapai sebuah level pada game yang di instal $0.3 - 1$, gimana? sangat menarik bukan?

Tapi sebenarnya, pendapatan terbesar yang bisa kita dapatkan adalah dengan mengundang orang, dengan mengundang orang, kamu dapat $ 0.3 secara gratis, sangat menarik bukan?

Para pengguna whaff reward yang paling terkenal dari Indonesia adalah Bagas Pramudita. Dia berhasil mendapatkan 263 Juta dengan menggunakan whaff reward, sangat menarik bukan?

Bagi kamu yang memiliki sebuah blog, atau sebuah komunitas, kamu dapat juga membagikan kode undangan yang disediakan whaff reward. 

Mari kita berandai-andai, di Internet sangat banyak orang-orang yang mencari cara mendapatkan uang lewat internet dengan mudah, termasuk pada artikel saya kali ini.

Karena banyaknya orang-orang yang mencari dengan keyword tersebut, maka kamu bisa membuat sebuah artikel tentang whaff reward. 

Di dalam artikel yang kamu buat, kamu dapat mengajak orang-orang untuk menginstall aplikasi whaff reward tersebut, dan jangan lupa untuk menginformasikan agar mereka menggunakan kode undangan dari akun whaff rewardmu.

Misal ada lebih dari 1000 orang tertarik untuk menggunakan whaff reward, berarti coba kamu totalkan 0.3 x 1000 = 300, kamu mendapatkan kira-kira sebesar $ 300. Lumayan bukan?

6. Menjadi Penulis Online

Iklan dari Jalan Tikus bagi penulis online
Kamu mempunyai hobi menulis? Sekarang saatnya kamu menjadikan hobimu itu sebagai hal yang menghasilkan uang.

Banyak situs-situs besar seperti Jalan Tikus, BaBe, IDN Times, UC News yang membuka layanan untuk para penulis.

Kamu dapat menulis di website-website tersebut, kemudian tulisan yang kamu buat jika lulus tahap penilaian, maka akan dibeli oleh situs terbsebut.

Kita contohkan saja seperti Jalan Tikus. Jalan Tikus membayar Rp 50.000 / artikel. Sangat mahal bukan?

Jika kamu merupakan seorang penulis yang profesional dan mampu membuat pembaca menjadi tertarik dengan tulisanmu, maka kemungkinan besar artikel yang kamu terbitkan pasti akan diterima.

Jika kamu dalam sehari dapat menghasilkan minimal 3 artikel, dan rutin kamu lakukan sebulan penuh dengan total artikel 90 buah. Maka kamu pasti akan di gaji dengan jumlah yang fantastis. 90 x 50.000 = Rp 4.500.000. Sangat besar bukan? 

Kamu hanya perlu menyediakan waktu luangmu, dan tidak perlu pergi kesana dan kesini untuk menulis sebuah artikel, dan digaji Rp 4.500.000.

Tidak hanya itu, jika kamu sering menulis artikel di Situs-situs seperti yang telah saya sebutkan diatas, kamu bisa di Invite menjadi kontributor resmi pada situs tersebut. 

Ketika kamu menjadi kontributor resmi, maka kamu akan memiliki gaji yang tetap dan tentunya dengan jumlah gaji yang lebih besar.

7. Menjual FanPage Facebook

Fanpage FB
Saya bisa jamin bahwa kamu yang membaca artikel ini pasti memiliki akun Facebook. Facebook merupakan sosial media terbesar di dunia, tak heran jika banyak para orang-orang seperti pedangan online, blogger dan sejenisnya menggunakan Facebook sebagai tempat pemasaran produknya.

Para pedagang-pedagang tersebut pastinya akan membutuhkan sebuah Fanpage Facebook yang memiliki jumlah like yang besar. Dengan jumlah like yang besar, maka kemungkinan orang akan melihat produknya dan menjadi tertarik juga akan besar.

Jika kamu memiliki banyak hubungan dengan orang melalui facebook, kamu dapat membuat sebuah Fanpage kosong tapi dengan jumlah like yang banyak.

Misal kamu memiliki 12.000 teman facebook yang aktif, dan kamu berhasil meminta tolong agar 12.000 teman facebook kamu untuk menyukai fanpage yang kamu buat, dan kamu misal mendapatkan 10.000 like. 

Maka Fanpage kamu tersebut dapat dijual. Rata-rata harga Fanpage facebook per 10.000 like adalah $40 atau setara dengan Rp550.000.

Peluang lakunya Fanpage kamu ini sangatlah besar, karena saat sekarang ini, Fanpage Facebook sangat berpengaruh untuk usaha suatu perusahaan atau usaha kecil.

8. Menjadi Affilliate Marketer

Affiliate Marketing
Mungkin kamu pernah melihat teman kamu memasarkan sebuah produk yang bukan miliknya. Jika kamu menanyakan kepadanya apa yang dia dapat dari memasarkan produk tersebut, mungkin kamu akan terkejut.

Kenapa bisa begitu? Teman kamu tersebut bisa jadi seorang Affilliate Marketer. Affiliate Marketer pasti tentunya ahli di bidang pemasaran, misalkan teman kamu tadi berhasil menjual sebuah produk. Maka teman kamu tersebut akan mendapatkan 50 - 70 % uang dari produk yang terjual. 

Sangat banyak bukan?

Coba kita misalkan kamu menjadi Affilliate Marketer pada sebuah produk Alat Kecantikan. 
Harga produk yang kamu pasarkan adalah 500.000, dan kamu mendapatkan 4 orang yang tertarik membeli produk tersebut. 

500.000 x 4 = 2.000.000 (pendapatan total dari penjualan produk)

Mari kita kalkulasikan berapa pendapatan yang kamu dapat jika kesepaktan menjadi Affilliate Marketer menerima komisi sebesar 70% dari total penjualan.

70% x 2.000.000 = 1.400.000 (uang yang kamu dapatkan setelah berhasil mempromosikan produk)

Bagaimana? sangat menggiurkan bukan?

Akan lebih menguntungkan lagi jika kamu memiliki banyak relasi, dan kamu banyak mengetahui kebutuhan orang-orang yang ada di dekatmu. Maka kamu bisa mendapatkan uang jutaan dalam sekejap mata bukan?

Untuk kamu yang ingin menjadi Affilliate Marketer, kamu mungkin dapat menggunakan situs seperti Cloud Media Biz dimana komisi diberikan mencapai 70 %.


Kesimpulan

Mendapatkan uang di internet bukanlah hal yang mudah, kamu perlu mengetahui hal-hal yang belum kamu ketahui. 

Ketika mencari uang lewat internet kamu harus memiliki kepribadian yang konsisten, karena persaingan dalam Internet itu bersifat dunia, bukan hanya persaingan antar toko-toko kecil saja.
Jika kamu tidak konsisten dalam pekerjaanmu, maka mustahil pundi-pundi uang kamu dapatkan.

Pengalaman saya sendiri agar bisa menghasilkan uang butuh sekitar 2 tahun baru bisa menghasilkan uang dengan membuat sebuah blog. Dan itu tidaklah mudah, saya berkali-kali ditolak ketika mendaftar ke Google Adsense, dan ujung-unjungnya diterima.

Satu hal yang harus kamu ketahui bahwa, Kerja keras tidak akan menghkianati hasil. 

Kuncinya hanyalah konsisten dan pantang menyerah, jika kamu berhasil menerapkan itu pasti kamu akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Bersabarlah menunggu, karena usahamu nanti pasti akan terbalaskan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel