Cara Mendaftarkan Blog ke Google AdSense LENGKAP


Sebelumnya saya telah membahas bahwa, membuat blog bukan hanya semata-mata untuk mencari uang, tapi juga untuk membantu dan memberikan informasi kepada orang lain.

Ketika kamu sudah melakukan semua itu, maka saatnya kamu mulai menjadikan blog kamu sebagai sumber penghasilanmu.

Salah satu cara menghasilkan uang dari sebuah blog adalah dengan memasangkan iklan di dalam blog. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendaftarkan Blog ke Google Adsense.

Hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftar Google Adsense
  1. Segelas Kopi atau Teh
  2. Camilan
  3. Koneksi Internet yang Lancar
  4. Akun Gmail
Setelah semua disiapkan, mari buka halaman dashboard Blog kamu. 
Dashboard Blog
Jika kamu menggunakan bahasa Indonesia mungkin tidak akan terdapat menu Earning (penghasilan)  yang akan kamu gunakan .

Untuk menampikannya kamu dapat masuk ke Pengaturan > Bahasa dan Format >  Bahasa , kemudian ubahlah bahasanya menjadi English (United States). Jika merasa ragu, kamu bisa melihat gambar dibawah ini.
Penukaran Bahasa
Jika sudah kamu ubah, maka otomatis menu Earning (penghasilan) akan tampil, jika masih belum tampil coba refresh halaman tersebut.

Sekarang pasti ada beberapa diantara kamu yang memiliki tampilan halaman yang berbeda seperti contoh gambar dibawah.
Blog belum memenuhi syarat pendaftaran Adsense
Jika muncul tampilan seperti gambar diatas, berarti blog kamu belum memenuhi syarat untuk pendaftaran Adsense. Kamu harus lebih bersabar sampai blog kamu memenuhi syarat pendaftaran Google Adsense.

Berikut beberapa syarat sebuah blog agar bisa mendaftar ke Google Adsense
  1. Umur Blog yang mencukupi
  2. Artikel yang berkualitas dan tidak melanggar syarat dan ketentuan Google Adsense
  3. Terindex
Mungkin syarat-syarat diatas tidak semuanya berlaku, seperti umur sebuah blog, saya sendiri mendaftarkan blog ke AdSense ketika umur Blog baru 2 minggu. 

Padahal pada syarat dan ketentuan Google Adsense, dibilang bahwa umur blog minimal adalah 6 bulan. Jadi saya pun kurang memahami sistem yang satu ini.

Sekarang balik ke cara mendaftarkan blog yang sudah memenuhi persyaratan Google Adsense

Tampilan blog yang sudah bisa di daftarkan ke AdSense akan mirip seperti gambar dibawah ini
Tampilan ketika blog memenuhi syarat mendaftar Google Adsense
Selanjutnya klik Daftar ke AdSense, maka kamu akan dialihkan sebuah halaman yang mana kamu diminta mengisikan data-data kamu termasuk blog kamu. Isilah semua dengan benar, jangan sampai ada yang salah.
Isi data dengan Benar
Pada bagian paling atas kamu disuruh untuk memasukkan url websitemu, atau blog kamu. Ketika memasukkan url blog sebaiknya kamu meng-copy url ketimbang mengetik manual url blog kamu, hal ini disarankan untuk menghindari typo ketika mengetik.

Bagian selanjutnya kamu akan disuruh memilih apakah kamu ingin mendapatkan email konfirmasi dari Google Adsense atau tidak, sebaiknya kamu pilih Yes karena itu akan sangat membantumu untuk mengetahui informasi terbaru tentang status blog yang kamu daftarkan.

Selanjutnya kamu disuruh untuk memilih negara, pilihlah negara dimana kamu berada dan sesuai dengan KTP kamu. 

Otomatis jika kamu telah memilih negara, maka semua peraturan Google Adsense yang ada dibawah akan berubah menjadi bahasa Indonesia. 

Jangan lupa untuk membaca peraturannya, jika kamu telah membacanya selanjutnya centang tulisan "Yes, I have read and accept the agreement". Kemudian pilih Create Account.

Maka kamu akan masuk ke dahsboard Google Adsense.
Dashboard Google Adsense
Terlihat pada dashboard hanya terdapat menu Home yang aktif, yang menandakan kamu belum di terima oleh Adsense.

Pada dashboard tersebut kamu akan disuruh menentukan jenis akunmu, pilih Individu jika kamu menggunakan akunmu secara pribadi.

Selanjutnya adalah nama dan alamat, untuk bagian ini kamu harus mengisinya sesuai dengan alamat yang lengkap dan jelas.

Untuk alamat sendiri tidak perlu sesuai dengan KTP tapi, paling tidak alamat kamu jelas dimana dan bisa dipakai dalam berkirim surat.

Kenapa begitu?

Nah gini, saya doakan agar teman-teman yang membaca artikel ini diterima oleh Google Adsense. Jadi ketika kamu telah di terima oleh Google Adsense nanti, kamu pastinya sudah dapat menghasilkan uang dengan blog kamu. 

Ketika saldo kamu telah mencapai minimal $10, akan ada sebuah pin yang akan dikirimkan ke alamat kamu. Pin tersebut berguna untuk memverifikasi akun kamu agar uang dapat dicairkan, begitulah kira-kira.

Ketika kamu sudah mengisi semua kolom yang diminta dengan benar, selanjutnya tekan Submit yang terdapat dibagian paling bawah. Maka akan muncul halaman seperti berikut ini

Tampilan setelah submit
Ketika sudah muncul tampilan berikut, berarti akun adsense kamu sudah memasuki tempat antrian dan akan dinilai oleh Tim Google Adsense.

Nah balik lagi ke dashboard blog kamu. Jika tadinya menu penghasilan berisi menu daftar Adsense, sekarang akan berubah menjadi tempat Setelan Iklan Adsense.
Penyesuaian Letak Iklan
Walaupun blog kamu belum di terima oleh Google Adsense, tapi kamu sudah dapat menyesuaikan tempat-tempat iklan yang akan bermunculan nanti.

Tempat-tempat yang akan kamu tentukan ini akan beguna untuk mempermudah blog kamu dalam masa peninjauan pendaftaran Adsense.

Disini saya akan sedikit membagikan pengalaman saya ketika mendaftar Google Adsense yang mungkin berguna bagi kamu.

Saya mendaftar Google Adsense ketika blog saya berumur lebih kurang 2 Minggu. Pengalaman saya dulu, kira-kira sekitar 3 hari saya mendapat email dari Google Adsense, bahwa blog saya disetujui dan sudah bisa menampilkan iklan.

Nah pada lain kasus ada beberapa teman-teman saya yang bahkan sudah lebih 1 bulan belum menerima email keputusan dari Google Adsense. 

Bagi teman-teman yang mengalami ini, saya menyarankan agar teman-teman lebih bersabar karena dalam mendaftar Adsense butuh waktu yang lama. 

Jika ketika kamu mendaftar dan terdapat banyak para pendaftar pula, pastinya antrian peninjauan blog kamu juga akan sangat lama, karena blog kamu harus menunggu antrian yang banyak. Itulah beberapa pengalaman saya.

Nah seperti itulah Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense, semoga dapat membantu para blogger-blogger yang ingin mendaftarkan blognya ke adsense. Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan di kolom komentar.

Sukses selalu blogger Indonesia ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel