10 Aplikasi Edit Video Terbaik Dunia Untuk PC ataupun Laptop Windows


Pada jaman digital ini sangat banyak orang-orang yang mengabadikan sebuah momen maupun pekerjaan dalam sebuah video. Maka tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan aplikasi edit video pun meningkat.

Dengan menggunakan aplikasi edit video, maka dapat membuat sebuah kesan yang lebih wahh dan keren dalam sebuah video.

Misalkan saja kita memilik sebuah video tentang perjalanan ke suatu tempat, dan kita mengedit video tersebut dengan menambahkan backsound yang cocok dengan tema perjalanan, tentunya video kita tadi akan menjadi lebih menarik untuk di tonton.

Lantas apa saja aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit video tersebut?

Berikut 10 Aplikasi Edit Video Terbaik Dunia Untuk PC ataupun Laptop Windows

1. Adobe Premier Pro dan Adobe Premier Pro CC

Adobe Premier Pro CC 2018
Tidak diragukan lagi Adobe Premier Pro adalah aplikasi edit video terbaik dunia. Banyak film-film movie dunia seperti film hollywood maupun perusahaan besar menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengeditan video.

Adobe Premier Pro ini dikembangkan oleh Adobe yang terbukti dari dulu berhasil memanjakan orang-orang dengan ribuan fitur yang di miliki.

Di Indonesia sendiri banyak orang-orang menggunakan Adobe Premier Pro seperti untuk mendesain sebuah video event pernikahan, video klip suatu musik, dan film buatan tanah air.

Bagi para pemula menggunakan Adobe Premier Pro mungkin terasa cukup rumit dan susah dikarenakan banyaknya pilihan-pilihan yang dapat membuat para pemula menjadi bingung untuk memulai dari mana. 

Namun tidak perlu khawatir, untuk menggunakan Adobe Premier Pro cukup mudah jika dilakukan dengan rutin, dan juga banyak tutorial-tutorial yang tersedia baik di Blog maupun Youtube.

Bagi kamu yang ingin belajar menggunakan Adobe Premier Pro, kamu mungkin dapat menonton chanelnya Agung Hapsah, disana banyak terdapat tutorial cara menggunakan Adobe Premier Pro bagi pemula.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Adobe Premier Pro ini tidaklah gratis, kamu harus membeli aplikasinya melalui website resmi Adobe.  Disana akan dijelaskan tahap-tahap pembelian aplikasinya. Bagi kamu yang tidak ingin membelinya, sekarang sudah banyak tersedia crack-crack Adobe Premier Pro jadi kamu tinggal mendownload dan menggunakannya secara gratis.

2. Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas Pro 13
Siapa yang tidak tahu dengan Sony?  Sony tidak hanya bergerak di bidang elektronik tetapi mereka juga membuat sebuah aplikasi untuk mengedit sebuah video yaitu Sony Vegas Pro 13. 

Sony Vegas Pro 13 ini tidak diragukan lagi kehebatannya dalam hal mulai dari pembuatan video, pengeditan video sampai pengeditan sebuah musik.

Sony Vegas Pro sendiri sering disebut sebagai software kelas profesional, walaupun begitu, Sony Vegas Pro 13 sendiri merupakan Software Edit Video yang terbilang mudah dalam pengoperasiannya.

Tampilan dari Sony Vegas Pro 13 sendiri sangat sederhana dan tidak terlalu membuat mata menjadi cepat lelah. Jika kamu ingin mengedit sebuah video, kamu dapat melakukannya dengan mudah dengan menyeret video kamu ke kolom track.

3. VirtualDub

Animasi Up yang Diedit dengan VirtualDub
VirtualDub merupakan aplikasi edit video gratis di PC untuk platform Windows. VirtualDub sendiri sangat sederhana dan bisa dikatakan sebagai video maker ataupun video editor.

Karena VirtualDub mempunyai fitur untuk merekam layar pada monitor dan dapat kamu simpan dalam format AVI.

Dikatakan sebagai video editor karena kamu dapat mengganti backsoun suatu video, meberikan efek blur, embas, sharpen, dan masih banyak lagi. 

VirtualDub sendiri sangat disarankan bagi pemula yang ingin belajar mengedit video secara mudah.

4. AVS Video Editor

AVS Video Editor
AVS Video Editor ini adalah sebuah aplikasi edit video yang ukurannya kecil namun memiliki penampilan yang mengesankan dan fitur-fitur yang sangat lengkap.

Dibandingkan dengan Corel Video Studio dan Adobe Premier Pro yang harga lisensinya mahal, aplikasi ini tergolong murah untuk ukuran sebuah aplikasi edit video.

Keunggulan dari AVS Video Editor adalah penggunaan teknologi video cache yang sangat berguna ketika melakukan penyuntingan video Full High Defintion (FHD) dapat berjalan sangat cepat dan juga lancar.

Beberapa fitur yang harus kamu coba adalah fitur memisahkan audio dengan video, efek transisi teks yang super wahh pemotongan video yang halus serta penggabungan beberapa video dengan berbagai efek transisi yang keren yang totalnya lebih dari 350 efek transisi.

5. Corel Video Studio

Corel Video Studio
Aplikasi edit video dari perusahaan pembuatan perangkat lunak terkenal yaitu Corel, juga tidak kalah menarik untuk di coba. Terbukti bahwa semua aplikasi buatan Corel sangat bagus kualitasnya contohnya saja Corel Draw  yang mampu menyaingi Adobe Photoshop miliknya Adobe.

Salah satu kelebihan aplikasi Corel Video Studio ini sangatlah mudah digunakan sehingga sangat cocok dipakai para pemula.

6. HitFilm Express

Hitflm Express
HitFilm Express merupakan aplikasi edit video gratis terbaik dari yang terbaik. Kenapa bisa dibilang terbaik? karena walaupun tersedia secara gratis, aplikasi ini tidak kalah keren dan lengkap fiturnya dibandigkan aplikasi yang lisensinya berbayar seperti Adobe Premier Pro.

Dalam pengeditan video, aplikasi ini tidak dapat diragukan lagi fiturnya seperti menambahkan fitur-fitur Visual Effect dan sejenisnya. Pokoknya bagi kamu yang ingin mencari aplikasi edit video gratis, aplikasi yang satu ini recomended sekali deh.

7. Camtasia

Camtasia
Camtasia sendiri merupakan aplikasi yang sering digunakan di Eropa.  Camtasia memilki ratusan fitur menarik yang dapat menunjang pengeditan sebuah video menjadi lebih baik. Tidak hanya untuk mengedit video, kamu juga dapat menggunakan Camtasia untuk melakukan perekaman terhadap layar komputer atau laptop kamu, jadi kamu tidak perlu mendownload aplikasi lain lagi untuk melakukan perekaman layar komputermu.

Tidak hanya itu, Camtasia merupakan aplikasi edit video yang tidak membutuhkan spesifikasi komputer maupun laptop yang tinggi. Jadi aplikasi ini sangat di rekomendasikan bagi kamu yang memiliki spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi.

8. Avidemux

Avidemux
Bagi kamu yang ingin belajar dasar-dasar pengeditan sebuah video, maka Avidemux  sangatlah cocok buat kamu. Pada Avidemox kamu dapat melakukan sebuah tindakan dasar pengeditan video seperti memotong video, filter dan tugas pengkodean.

Avidemux sendiri menddukung banyak format video seperti : AVI, DVD, File MPEG, MP4 dan ASF dan banyak codec lainnya.

9. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker
Bagi kamu pengguna Windows mungkin sudah tidak asing denga aplikasi yang satu ini. Aplikasi edit video ini dibuat oleh Microsoft khusus untuk platform Windows.

Windows Movie Maker merupakan software edit video yang terbilang fiturnya sangatlah terbatas atau minim fitur.

Namun software ini sangat cocok bagi pemula yang hanya ingin menggunakan fitur sepert crop, menambah title dan kegiatan sederhana lainnya.

Jika kamu ingin membuat lirik sebuah lagu dalam bentuk video, maka Windows Movie Maker sangat direkomendasikan karena dengan ukurannya yang sangat kecil dan juga proses render yang cepat.

10. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio
Kamu ingin menjadi Youtuber tapi tidak tahu cara mengedit sebuah video? Maka Pinnacle Studio sangatlah cocok buat kamu.

Pinnacle Studio merupakan software edit video level dasar yang cukup mumpun menyelesaikan kegiatan ringan pengeditan video kamu. Tidak hanya itu, Pinnacle Studio menawarkan biaya yang sangat murah dibandingkan sofware edit video lain yang mempunyai fitur dan kualitas yang sama.

Kesimpulan

Itulah 10 Aplikasi Edit Video Terbaik Dunia Untuk PC ataupun Laptop Windows versi Cara Viral. Bagi kamu yang ingin melakukan pengeditan sebuah video disarankan agar belajar dari dasar terlebih dahulu seperti belajar memotong dan menggabungkan sebuah video.

Bagi kamu yang ingin melakukan pengeditan video dengan ukuran yang sangat besar, disarankan agar kamu memiliki spesifikasi Komputer maupun Laptop yang mumpun untuk menjalankan aplikasi edit video tersebut, dikarenakan jika kamu ingin mengedit video dengan ukuran yang besar, maka ketika kamu melakukan render, kamu akan membutuhkan kinerja laptop yang tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel