6 Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya


Smartphone memang didesain sedemikian rupa agar bisa memenuhi kebutuhan manusia, bisa saja seperti foto, membuat laporan (report) , merekam video, menelpon seseorang, mengirim pesan atau bermain game.

Dengan banyaknya fungsi dari smartphone tersebut, tentunya adakalanya smartphone tersebut menjadi lelet dan tidak bekerja sesuai keinginan kita.

Banyak penyebab dan faktor-fakor yang menyebabkan smartphone kita menjadi lemot atau lelet, mau tau apa saja penyebab dan cara mengatasi smartphone lemot? Yuk dibaca kebawah guyss..

Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya Menjadi Smooth 100%

Banyak smartphone jaman sekarang, menggunakan spesifikasi yang sangat tinggi dan juga RAM yang sangat besar, tapi masih ada saja keluhan dari customer yang mengeluhkan kinerja smartphone yang lemot dan kesannya sangat menganggu aktivitas. Berikut ada 6 penyebab Smartphone Lelet dan cara Mengatasinya.

1. Dipaksa Bekerja Kelewat Batas Bahkan Tanpa Istirahat


Smartphone itu sama seperti manusia, smartphone juga memiliki batas kemampuan untuk mengerjakan sesuatu. Pengoperasian suatu program secara berlebihan dapat menyebabkan program itu crash maupun lemot. Dan itulah salah satu penyebab smartphone kita menjadi lemot atau lelet.

Sebagai contohnya, misalkan kamu memiliki sebuah smartphone dengan RAM 1 GB, dan kemudian kamu menggunakannya untuk bermain game yang minimum spesfikasi untuk memainkan game tersebut adalah 2 GB RAM. 

Tentu saja ketika kamu menjalankan game tersebut, smartphone kamu akan menjadi lelet. Karena game tersebut bukanlah game yang mampu untuk dilahap oleh spesifikasi kamu. Sedangkan RAM hp kamu tidak hanya digunakan untuk main game, masih banyak aplikasi sistem yang memerlukan RAM yang berjalan dilatar belakang.

Selain itu kamu juga tidak disarankan agar membuka banyak aplikasi sekaligus, karena itu juga menyebabkan habis termakannya memori RAM smartphone kamu.

2. Cache yang Menumpuk


Pada dasarnya fungsi cache  pada smartphone adalah mempercepat berjalannya proses suatu aplikasi ketika dijalankan di kemudian hari. 

Tetapi jika terus dibiarkan terus menumpuk, itu juga tidak bagus bagi smartphone kamu dan bisa saja menyebabkan smartphone kamu menjadi lemot.

Cache yang menumpuk akan menjadi sampah di smartphone kamu, dan tidak akan bekerja seperti cahce yang tidak menumpuk. Pembacaan sistem untuk masing-masing cache akan semakin lama ketika banyak tumpukan cache yang harus dibaca dan tentunya membuat smartphone kamu menjadi lemot.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan cache secara rutin. Misalkan 3 kali sehari bagi aplikasi yang sering kamu pakai. Tetapi sekarang ini banyak aplikasi yang bisa membersihkan cache secara otomatis seperti Clean Master dan sejenisnya.

3. Memori Internal Penuh


Cache tidak hanya membuat smartphone menjadi lelet dan lemot. Tetapi juga akan memakan kapasitas memori internal kamu. Ketika memori internal kamu penuh, tentunya kamu tidak bisa menyimpan sesuai atau menginstall aplikasi seperti biasa.

Ketika memori internal penuh, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kamu tidak bisa menyimpan data-data baru. Sehingga berakibat kepada lemotnya kinerja smartphone kamu.

Agar memori internal kamu tidak penuh, kamu bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang menurutmu tidak penting. Dan jika smartphone kamu mendukung penyimpanan slot MicroSD, manfaatkan MicroSD tersebut untuk memindahkan data-data yang ada di memori internal ke MicroSD.

4. Aplikasi yang Menumpuk di Background


Di smartphone kita dapat berpindah dengan mudah dari suatu aplikasi ke aplikasi yang lain. Dan itu bisa saja membuat kita lupa menutup aplikasi yang telah tidak digunakan lagi.

Karena banyaknya aplikasi yang tidak digunakan berjalan di background, membuat smartphone kamu menjadi lelet atau lemot.

Solusinya kamu tinggal menghapus proses background tersebut lewat menu Recent Apps.

5. Software Smartphone yang Tertinggal karena Tidak Pernah Diperbaharui


Masing-masing developer smartphone tentunya memberikan update software terbaru kepada customernya. Namun kadang para customer lupa atau tidak ada keinginan untuk mengupdatenya, dan membiarkan versi smartphone mereka tertinggal.

Dikarenakan versi yang tertinggal, tentunya smartphone tidak mendapatkan fitur-fitur yang mampu meningkatkan kinerja smartphone. Sedangkan semakin hari, aplikasi-aplikasi yang tersedia memerlukan smartphone yang memiliki kemampuan lebih. Dan itu tentunya membuat smartphone menjadi lelet.

Cara mengatasinya adalah dengan rutin melakukan pembaruan software smartphone kamu secara berkala. Karena setiap pembaruan yang didapat pasti memiliki fitur yang bermanfaat bagi smartphone misalkan saja, fitur dapat memindahkan aplikasi ke memori eksternal, yang dapat membuat penyimpanan internal smartphone menjadi lebih lega.

6. Terkena Virus


Tidak hanya PC atau laptopmu yang bisa diserang oleh virus. Smartphone juga rentan terhadap virus. Virus yang menyerang smartphone itu beragam-ragam jenisnya. Bisa saja dalam bentuk iklan. 

Misalkan virus yang berbentuk iklan, akan selalu mengeluarkan iklan ketika kamu menjalankan sebuah aplikasi, dan itu tentunya membuat smartphone kamu menjadi lelet. Tidak hanya lelet, namun juga akan menghabiskan kuota kamu ketika munculnya sebuah iklan tersebut.

Cara mengatasinya adalah dengan cara menginstall antivirus di smartphone kamu, banyak antivirus yang disediakan di PlayStore, dan tentunya kamu dapat mendownloadnya secara gratis.

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab smartphone kamu menjadi lemot ataupun lelet dan cara mengatasinya. Diantara 6 hal itu, mungkin ada salah satu yang pernah kamu abaikan dan membuat smartphone kamu menjadi lemot. Semoga cara diatas berhasil dan..

Selamat mencoba !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel