Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca di Android


Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca di Android - Pastinya kamu pernah mengalami masalah Sim Card yang tidak terbaca, masalah seperti itu tentu sangat merepotkan bukan? apalagi jika di dalam sim card tersebut banyak tersimpan kontak-kontak penting, misalkan kamu kehilangan kontak pacar, kamu gabisa deh menghubunginya dan pacarmu juga tidak bisa menghubungimu, rugikan?

Tapi kamu jangan panik dulu, karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah sim card yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca.

Sim Card tidak terdeteksi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, bisa saja seperti Sim Cardnya yang memang rusak, kesalahan settingan sim card pada ponsel, adanya debu pada Sim Card alias kotor, atau bisa saja IMEI ponsel yang hilang atau tidak valid.

Diantara penyebab diatas, tentu ada solusinya bukan? penasaran? yuk langsung saja kita bahas cara mengatasi Sim Card Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Android.

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terdeteksi

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan sebelum kamu menyerah dan membuang Sim Card yang tidak terdeteksi. Caranya mudah kok, mari disimak..

1. Setting Sim Card pada pengaturan jaringan smartphone

aktifkan sim card di pengaturan
Aktifkan sim card
Namanya juga manusia, pasti ada kalanya lupa setelah melakukan suatu kegiatan. Misalnya saja, kamu sebelumnya menonaktifkan salah satu Sim Card karena ingin menghemat baterai ponsel kamu, dan kamu lupa mengaktifkannya kembali, tentunya membuat Sim Card tidak terdeteksi.

Caranya kamu cukup pergi ke pengaturan pilih menu Sim Card Setting, kemudian centang Sim Card yang sebelumnya kamu nonaktifkan menjadi aktif.

2. Restart Android Kamu

restart android kamu
Restart Android
Setiap software pasti bisa saja terjadi error, begitujuga dengan ponsel android kamu. Ketika terjadi error, kamu dapat merestart android kamu. Dengan melakukan restart, berarti android kamu akan memulai ulang semua proses yang berjalan, termasuk membaca kembali Sim Card.

3. Cek Bagian Fisik Sim Card Kemudian Bersihkan

bersihkan fisik sim card dengan tisu halus
Bersihkan fisik sim card
Ini merupakan hal yang sering dianggap sepele. Sim Card bisa saja kotor jika casing ponsel kamu kotor atau sim tray yang kotor. Ceklah fisik sim card kamu, jika ada debu maka bersihkan Sim Card dengan kain yang lembut atau halus, bisa juga dengan menggunakan tisu. Tapi jangan sampai kamu menggunakan air ya, nanti malah Sim Cardnya rusak.

4. Coba Sim Card Lain

coba ganti sim card  yang tidak terdeteksi
Coba sim card lain
Jika ketiga cara diatas tidak berhasil, berarti kamu harus mencoba Sim Card lain, jika Sim Card lain terbaca / terdeteksi , maka bisa diambil kesimpulan bahwa Sim Card yang lama telah rusak, dan harus diganti. Jika masih belum terdeteksi, kamu harus mencoba cara lainnya yang ada dibawah ini.

5. Cek IMEI

cek imei android untuk mendeteksi sim card
Cek IMEI
IMEI sendiri merupakan singkatan dari "Internationa Mobile Equipment Indentity" , kegunaannya adalah untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar dengan jaringan. Jika ponsel kamu tidak memiliki IMEI atau IMEI nya hilang / tidak valid, maka ponsel kamu tidak akan bisa mendeteksi sebuah jaringan, IMEI sendiri dapat hilang ketika kamu melakukan flashing ulang android kamu atau merubah ROM yang dipakai.

Cara cek IMEI ponsel sangatlah mudah, caranya cukup lakukan dial atau panggilan ke *#06# , maka akan muncul IMEI android kamu yang total jumlahnya adalah 15 digit angka.

6. Jika IMEI Hilang atau Tidak Valid, tambahkan IMEI secara manual.

cara setting imei secara manual
Set IMEI secara manual
Ketika kamu mengecek IMEI, namun ternyata IMEI nya tidak valid atau hilang dan tidak memunculkan 15 digit angka, itu artinya kamu harus menambahkan IMEI ponsel kamu secara manual.

Kamu tidak tahu berapa IMEI kamu? caranya mudah kok, kamu bisa melihat IMEI kamu lewat box android kamu, atau kamu juga bisa membuka casing android kamu dan lihat bagian-bagian yang terdapat banyak angka, nanti kamu akan menemukan IMEI disana.

Setelah nomor IMEI didapatkan, sekarang saatnya kamu menambahkan IMEI secara manual, caranya mudah kok. ayuk diikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Lakukan dial ke *#*#3646633#*#*
  2. Maka akan mucul halaman Engineer mode.
  3. Swipe ke kanan, kemudian pilih menu Conncetivy.
  4. Selanjutnya pilih menu CDS Information.
  5. Cari menu Radio Information.
  6. Jika tahan 1 - 5 kamu lakukan dengan benar, maka akan muncul pilihan SIM 1 dan SIM 2 , apabila android kamu menggunakan fitur dual sim.
  7. Kemudian ketikan tulis IMEI pada kolom yang tersedia, baca tahap 8 - 9 dengan teliti.
  8. Untuk SIM 1 kamu isikan AT +EGMR=1,7,"Masukan IMEI SIM 1"
  9. Untuk SIM 2 kamu isikan AT +EGMR=1,10,"Masukan IMEI SIM 2"
  10. Jika kamu bingung ikuti contoh ini : AT +EGMR=1,10,"3457393739***"
  11. Jika sudah, kamu cek lagi apakah IMEI tersebut benar, kemudian tap tombol Send at Command yang terletak dibawah kolom tadi.
  12. Restart android kamu, kemudian cek lagi IMEI dengan dial *#06#
Nah itulah cara mengebalikan IMEI yang hilang di ponsel android.

7. Kembalikan ke setelan pabrik

cara kembali ke pengaturan pabrik
Reset pengaturan pabrik
Apabila semua cara di atas tidak berhasil, maka sekarang kamu harus merelakan android kamu di reset ke setelan pabrik atau setelan awal seperti beli baru, dan data yang tersimpan di android kamu pastinya akan hilang. Jadi sebelum melakukan reset, kamu harus melakukan backup data-data penting terlebih dahulu agar kamu tidak dirugikan karena hilangnya data kamu.

Untuk melakukan reset pabrik, caranya sangat mudah yaitu kamu cukup masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih menu Cadangkan / Pulihkan, lalu kamu pilih Kembalikan ke setelan pabrik / facktory data reset.  Lalu android kamu akan melakukan proses penghapusan data dan mengembalikan semua pengaturan seperti semula, proses ini akan memakan waktu yang cukup lama sekitar 5 - 15 menit. Jangan cemas kalau booting android kamu menjadi lama, karena sistem android kembali menjalankan semua proses dari awal.

8. Service Android, atau kamu juga bisa claim garansi (jika masih ada garansi)

cara service android di tempat resmi
Service android
Semua cara sudah dicoba, namun tetap gagal? berarti dapat disimpulkan bahwa android kamu rusak, dan perlu penanganan dari para ahli hardware maupun software untuk mengetahui bagian mana yang rusak. Jika kamu ingin melakukan service, saran admin adalah pergilah ke tempat service resmi merek android kamu. Karena dengan service di tempat resmi tentu pelayanannya lebih terjamin. Jika garansi android kamu masih ada, maka kamu dapat claim garansi disana.

Penutup

Nah itulah dia beberapa cara mengatasi Sim Card tidak terbaca / terdeteksi di android. Semoga artikel ini dapat membantu kamu memperbaiki Sim Card kamu yang berulah agar kamu tidak kehilangan kontak penting kerabat kamu.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel