Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Ampuh!!

cara menghilangkan virus shortcut di fd

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Ampuh!! - Flashdisk merupakan sebuah tempat penyimpanan file yang dapat kamu bawa kemana-mana karena ukurannya yang sangat kecil. Flashdisk sendiri kerap digunakan dari masing komputer ke komputer lain. Kebiasaan seperti itu dapat meningkatkan resiko flashdisk terkena virus, contohnya virus shortcut. Flashdisk yang terkena virus shortcut tentu akan membuat penggunanya menjadi risih, karena semua file yang ada di dalam flashdisk berubah menjadi shortcut.

Tidak hanya itu, jika kamu menancapkan flashdisk yang terkena virus shortcut ke komputer lain, maka bisa saja komputer lain tersebut juga akan terkena virus shortcut. Sangat kacau bukan?

Nah kali ini CaraViral akan memberikan solusi bagaimana cara kita menghilangkan virus shortcut yang ada di dalam flashdisk. Sebenarnya, banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan virus shortcut, contohnya dengan scan flashdisk kamu menggunakan sebuah antivirus. Tapi kali ini CaraViral tidak akan menggunakan AntiVirus untuk menghapus virus shortcut tersebut, cukup dengan Command Prompt saja, penasaran? yuk disimak tutorial dibawah .. :)

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk


Langkah - 1

Tancapkan Flashdisk kamu ke Laptop atau PC kamu. 

Langkah - 2

Kemudian kamu buka File Explorer, pilih tab File yang posisinya pada pojok kiri atas.
windows explorer
File Explorer

Langkah - 3

Pilih Change Folder and Search Options.
option file explorer

Langkah - 4

Pada tab view, kamu pilih "Show hidden files, folders, and drivers", dan kamu unceklis "Hide protected operating system files (Recomended) jika muncul sebuah notifikasi pilih Yes, kemudian Apply lalu OK.
ubah pengaturan file explorer
Option File Explorer

Langkah keempat ini bertujuan untuk menampilkan file-file yang disembunyikan oleh virus dalam Flashdisk kamu. File yang disembunyikan tersebut hanya saja masih berstatus semi-hidden. Untuk menghilangkan virus shorcut tersebut, ayuk lanjut ke Langkah - 5.

Langkah - 5

Buka CMD (Command Prompt), kemudian ketikkan lokasi dimana flashdisk kamu berada. Misal flashdisk kamu terletak pada Drive G, maka kamu ketikkan G:
letak penyimpanan Fd
Lihat penyimpanan FlashDisk
ketikkan di cmd
Ketikkan CMD


Langkah - 6

Setelah mengetikkan lokasi dimana flashdisk kamu, maka otomatis akan masuk kedalam direktori flashdisk kamu. Untuk menghilangkan virus shortcut, kamu harus mengetikkan attrib -s -r -h /s /d . Jika kamu bingung, kamu bisa melihat gambar dibawah.
menghilangkan virus dengan cmd
Ketikkan Perintah di CMD

Nah sekarang flashdisk kamu sudah kembali normal lagi. tugas kamu selanjutnya adalah menghapus shortcut-shortcut yang ditinggalkan oleh virus tadi. Oiya, jangan lupa hapus folder-folder aneh yang ada dalam flashdisk kamu. Karena bisa saja, folder tersebut menyimpan sebuah virus.

Perlu kamu tahu, bahwa jika cara diatas hanya akan menghapus virus shortcut yang ada di dalam flashdisk, dan menampilkan file aslinya kembali. Jika kamu mencolokkan flashdisk ke komputer yang terkena virus shortcut, maka otomatis flashdisk kamu akan kembali terkena flashdisk shortcut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel