8 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Bagi Pemula

cara mendapatkan uang dari youtube bagi pemula

Banyak cara yang dapat kamu lakukan agar bisa mendapatkan uang dari Internet, salah satunya melalui YouTube. YouTube sendiri adalah sebuah situs yang menyediakan beragam video yang dapat di upload oleh public.

Seiring berjalannya waktu, YouTube-pun semakin berkembang dengan menawarkan beberapa fitur kepada para usernya yang biasa dipanggil dengan sebutan YouTuber seperti penawaran pemasangan iklan, sponsor dan sejenisnya.

Kenapa YouTube menawarkan hal seperti itu?

Karena saat sekarang ini, YouTube telah menduduki peringkat ke-2 dalam deretan situs-situs paling banyak dikunjungi oleh dunia. Maka bisa dikatakan bahwa YouTube telah lebih tinggi daripada saluran TV. Dengan peminat yang banyak, maka tak heran YouTube mulai membangun sebuah bisnis lain di dalamnya yang nantinya ditawarkan kepada para YouTuber .

YouTuber yang berhasil mendapatkan kontrak bisnis tersebut nantinya akan mampu menghasilkan uang dari video-video yang mereka upload.

Salah satu YouTuber tanah air yang berhasil di usia muda adalah Jess no limit (justin). Justin sendiri mulai mengupload sebuah video tentang game yang sedang hangat waktu itu dan berhasil mendapatkan 1 juta subscriber hanya dalam waktu 5 bulan saja. Keberhasilannya menjadi YouTuber terbukti dengan berubahnya kehidupan Justin yang bisa membeli Mobil baru, apartemen, dan masih banyak lagi.
menjadi youtuber sukses

Pastinya kamu penasaran dengan cara Justin mendapatkan uang dari YouTube tersebut. Tidak usah pusing memikirkannya, karena sekarang Cara Viral akan memberitahu cara-cara mendapatkan uang dari YouTube. Mari disimak.

10 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube Bagi Pemula

Cara dibawah ini akan sangat cocok bagi pemula yang ingin menjadi YouTuber Sukses. 

#1 Buat YouTube Channel Sekreatif Mungkin

Langkah yang pertama tentu kamu harus memiliki sebuah channel YouTube yang nantinya bisa menghasilkan uang. Untuk membuat akun YouTube beserta channelnya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan sebuah akun Google yang nantinya bisa kamu gunakan untuk melakukan login ke YouTube. Setelah kamu login ke YouTube, pikirkan nama Channel yang akan kamu buat. Nama Channel YouTube disarankan tidak mengandung arti yang kasar, sara dan sejenisnya. Gunakanlah nama yang mudah diingat oleh orang-orang. Setelah menentukan nama yang tepat dan menarik, kemudian hiasi channel kamu agar tampak menarik seperti menambahkan banner. Buatlah banner sekreatif mungkin dan sesuai dengan tema channel kamu nanti.

#2 Kembangkan Channel YouTube dengan Rutin Mengupload Video yang Berbobot

Biasanya, para YouTuber pemula akan berhenti ditengah jalan karena merasa bosan dan tidak dapat menghasilkan uang dengan cepat. Tapi itu adalah peluang kamu, dengan banyaknya para YouTuber yang putus asa dan berhenti, maka kamu harus mengubah itu dengan cara mengembangkan chanell YouTube kamu agar lebih dikenal oleh orang-orang.

Uploadlah video minimal 3 kali seminggu. Jangan pernah mengupload video orang lain, karena kamu bisa terkena sanksi pelanggaran copyright . Carilah ide yang kreatif untuk video kamu agar lebih berbobot dan membuat orang-orang penasaran dengan Judul Video kamu. Jangan pernah bosan mengupload video walaupun hanya memiliki viewers (penonton) yang sedikit. 

#3 Mulailah Untuk Monetisasi Channel Youtube

Cara ketiga ini sudah mendekati tujuan utama kamu tadi, yaitu menghasilkan uang dari YouTube. Jika kamu telah mengupload video secara rutin dan berhasil memperoleh viewers . Sekarang saatnya kamu mengaktifkan fitur Monetisasi Channel YouTube. Fitur ini yang nantinya akan berguna sebagai gerbang utama menuju tempat penghasil uang. Cara mengaktifkan Monetisasi Channel sangatlah mudah kamu bisa mengikuti cara dibawah ini:
  1. Login ke YouTube
  2. Bukalah Channel Kamu
  3. Pilih Creator Studio
  4. Kemudian pada bagian sebelah kiri ada tab Channel klik, dan kemudian pilih Status and Features.
  5. Kemudian Enable Monetisation.
Bagi kamu yang belum bisa mengaktifkan Monetisasi, berarti kamu belum memenuhi syarat monetisasi YouTube. Untuk tahun 2018 ini, agar dapat mengatifkan fitur Monetisasi, kamu harus memiliki minimal 4000 jam tayangan dan memiliki 1000 subscriber. Jika telah memenuhi persyaratan diatas, maka kamu telah bisa mengaktifkan monetisasi channel.

#4 Sambungkan Channel YouTube ke Platform Iklan Google Adsense

Setelah mengaktifkan fitur monetisasi, maka channel YouTube kamu akan diperiksa oleh tim YouTube untuk menentukan kelayakan channel agar bisa menghasilkan uang. Setelah berhasil diterima, maka akan muncul fitur YouTube Analytic yang disana kamu dapat melihat informasi pendapatan dari Channel kamu. Oiya, setelah berhasil diterima monetisasi dan memasang iklan, nantinya akan terdapat iklan dalam video kamu. Iklan itulah yang akan memberikan pundi-pundi uang.

#5 Optimalkan Fitur Monetisasi pada Channel YouTube

Untuk mengoptimalkan fitur monetisasi agar dapat memaksimalkan penghasilan. Kamu dapat mengikuti kriteria dibawah :
  • Video yang user-friendly.
  • Video harus asli atau original, bukan hasil pengupload-an ulang video orang lain.
  • Jangan pernah memasang niat untuk meniru video orang lain, apalagi mencuri videonya.
  • Perhatikan Terms of Service yang telah dibuat oleh pihak YouTube.
  • Pilihlah jenis iklan yang sesuai, agar bisa memaksimalkan pengahsilan channel YouTube kamu.
Jangan sampai kelewatan salah satu dari kriteria diatas, karena kriteria tersebut akan sangat membantu untuk kesuksesan channel kamu.

#6 Lakukan Conversion Rate ke Product Page

Jika kamu memiliki sebuah hubungan bisnis dengan sebuah perusahaan atau bisnis tertentu, kamu dapat menjadikan saluran YouTube kamu sebgai suatu kesempatan untuk meningkatkan conversion rate. Buatlah sebuah konten video yang menonjolkan sebuah produk secara soft promotion. Kemudian buatlah link untuk produk tersebut pada kolom deskripsi video.

Salah satu Youtuber yang melakukan Conversion Rate ke Product Page adalah Jess no limit (justin). Justin sendiri pernah menonjolkan sebuah produk yang dia pakai dan memasarkannya secara tidak langsung. Saat itu Justin sendiri sedang memainkanngame dengan menggunakan sebuah merek smartphone. Dan mencantumkan link pembelian smartphone tersebut di deskripsi videonya.

#7 Jual Video di Situs Penjualan Video

Kamu bisa juga menjual video kamu di website komersial yang memberikan peluang bagi para video-maker untuk berjualan video kamu. Jadi nantinya pada saluran YouTube kamu, kamu dapat mengupload sebuah video berupa teaser dan mengarahkan penonton kamu untuk membayar jika ingin menonton versi lengkap video tersebut.

#8 Cari Sponsor untuk Channel YouTube kamu.

Jika kamu sering menonton saluran YouTuber terkenal, pasti kamu tahu bahwa hampir di semua konten video mereka selalu ada unsur sponsorship dan advertisement. Dua aspek tersebut dapat memberikan manfaa t untuk menghasilkan uang dari YouTube yang bisa dibilang cukup besar.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan jika ingin mendapatkan uang dari YouTube. Semuanya tergantung niat kamu melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang diinginkan dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada sang pencipta agar usaha kamu bisa terbalaskan nantinya.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel