Cara Mengatasi Android Sering Restart Sendiri Tanpa Install Ulang

cara ampuh memperbaiki android sering restart sendiri

Penggunaan android sebagai alat pendukung kegiatan sehari-hari terus meningkat setiap tahunnya. Android tersebut bisa digunakan sebagai alat yang bisa mempermudah suatu pekerjaan dikarenakan fitur-fitur yang tersedia dalam perangkat android tersebut.

Namun, karena android tersebut hampir bisa mempermudah semua kegiatan manusia di era digital, tentu juga tidak luput dari sebuah permasalahan yang akan timbul pada android tersebut. Diantara permasalahan yang paling sering di alami para pengguna android adalah, smartphone yang menggunakan OS android sering restart sendiri, hang, bahkan sampai mati total.

Bicara tentang seringnya android yang restart sendiri, tentu itu sangat meresahkan bukan? Misalkan kamu sedang membuat sebuah laporan dalam sebuah aplikasi android, kemudian ponsel android kamu restart sendiri dan laporan yang kamu buat tadi tidak tersimpan, sangat menjengkelkan bukan?

Nah kali ini Cara Viral akan membahas tentang cara-cara mengatasi android yang sering restart sendiri tanpa melakukan insalasi ulang ponsel androidmu.

Sebelum membahas cara mengatasi android yang sering restart sendiri, sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor-faktor yang bisa menyebabkan android restart sendiri dan terus menerus.

Faktor - faktor yang menyebabkan android sering restart sendiri

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan android kamu sering restart sendiri, bahkan diantara faktor yang ada, mungkin sering kamu lakukan sehingga android kamu mengalami permasalahan tersebut.

1. Terjadinya Bug atau error pada sistem android (OS yang mengalami masalah).

mengatasi bug pada android

Hal seperti ini dapat terjadi ketika kamu melakukan update OS pada android kamu, misalkan kamu ingin mengupgrade versi androidmu dari android 4.4 Kitkat ke 5.0 Lollipop, sedangkan pada perangkat yang kamu gunakan masih memiliki sebuah bug pada versi Lollipop tersebut.

2. Crash pada aplikasi yang di install

penyebab aplikasi crash

Crash pada aplikasi ini merupakan hal yang paling sering menyebabkan android sering restart sendiri. Terlebih jika kamu menginstall aplikasi yang versinya masih beta atau masih dalam tahap uji coba. Jika ponsel android kamu tidak sanggup membaca program yang ada pada aplikasi tersebut, atau program aplikasi tersebut masih error, maka otomatis android kamu akan restart sendiri.

3. Penuhnya RAM dan CPU android dikarenakan kegiatan multitasking

penyebab ram penuh android

Seperti yang telah admin bilang diatas, ada beberapa faktor yang pastinya sering dilakukan, contohnya kegiatan multitasking. Umumnya orang-orang akan menginginkan pekerjaannya selesai dengan cepat. Maka mereka memaksa ponsel androidnya bekerja lebih keras sehingga menyebabkan RAM dan CPU android menjadi penuh sehingga android perlu melakukan restart sistemnya, itulah yang menyebabkan android restart sendiri.

4. Terjadinya kerusakan pada hardware sehingga menyebabkan gagalnya suatu proses di android

penyebab android lemot

Terjadinya kerusakan pada hardware tidak bisa dipungkiri lagi merupakan sebuah faktor paling berpotensi menyebabkan android sering restart sendiri-sendiri. Terjadinya kerusakan pada hardware tidak saja dapat menyebabkan seringnya android restart sendiri, bahkan bisa menyebabkan android tersebut mati total.

Diantara penyebab diatas, tentu ada solusinya bukan? nah jika kamu ingin mengatasi android yang sering restart sendiri. Kamu harus mengikuti cara-cara dibawah ini.

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart

1. Cabut Baterai dan Memori yang terpasang pada ponsel android

mengatasi android sering restart

Sebelum mencabut baterai dan juga memori, pastikan ponsel android kamu sudah berada dalam keadaan mati. Cara ini bertujuan untuk membiarkan chipset dan prosesor android beristirahat sementara. Tunggu beberapa menit kemudian pasangkan kembali.

Jika kamu menggunakan android unibody maka kamu cukup mematikan android kamu, dan tunggulah beberapa menit. Lalu hidupkan kembali.

2. Bersihkan cache dan data yang tidak diperlukan

cara membersihkan cache android

Cache yang tersimpan sering dianggap sepele bagi pengguna android. Cache tersebut dapat menyebabkan android sering restart sendiri jika telah memenuhi penyimpanan android. Untuk membersihkan cache, caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah dibawah.
  1. Buka pengaturan android kamu.
  2. Pilih manajer aplikasi.
  3. Kemudian pilih aplikasi yang memiliki cache yang besar.
  4. Hapus cache pada aplikasi tersebut
Biasanya, cache dengan ukuran yang besar terdapat pada aplikasi berjenis game dan messenger.

3. Lakukan Update pada aplikasi yang telah terpasang

update aplikasi lewat google play store

Seperti yang telah dijabarkan diatas bahwa bisa saja penyebab android restart sendiri adalah karena adanya bug pada aplikasi. Jadi kamu bisa mengatasinya dengan melakukan update aplikasi ke versi terbarunya. Lakukan update melalui Google Play Store, janganlah mendownload versi terbaru suatu aplikasi dari situs yang tidak dapat dipercaya, karena bisa saja di dalam aplikasi tersebut terdapat virus.

4. Hapus aplikasi yang katanya bisa meningkatkan peforma smartphone dan daya tahan baterai

uninstall aplikasi sistem tanpa root

Kenyataannya aplikasi penghemat daya baterai dan peningkat peforma smartphone adalah aplikasi yang sangat merugikan. Kenapa begitu? karena aplikasi tersebut akan memakan CPU dan RAM android kamu sehingga android kamu menjadi lemot bahkan restart sendiri.

5. Format atau Ganti memori eksternal yang digunakan

mengatasi micro sd rusak

Kenapa harus melakukan format memori eksternal? karena bisa saja di dalam memori eksternal tersebut terdapat sebuah virus yang merugikan android kamu. Apabila setelah diperiksa tidak terdapat virus di dalamnya, tetapi android masih restart sendiri, maka bisa dipastikan bahwa memori eksternal yang kamu gunakan telah rusak. Karena rusaknya memori eksternal tersebut, dapat mengakibatkan gagalnya pembacaan data oleh android, dan mengakibatkan android me-restart sendiri.

6. Lakukan Wipe Cache Partition

cara wipe cache partition

Terlalu seringnya menginstall dan uninstall berbagai aplikasi dapat mengakibatkan penumpukan cache dan juga sampah dari aplikasi yang dihapus. Hal tersebut juga bisa mengakibatkan adanya file yang rusak karena dulunya terhubung dengan aplikasi yang telah dihapus. Kegagalan dalam membaca file tersebut juga dapat mengakibatkan android sering restart sendiri. 

Untuk melakukan Wipe Cache Partition, maka kamu harus memasuki mode recovery. Oiya, sebelum melakukan wipe cache, sebaiknya terlebih dahulu kamu melakukan backup data-data penting yang ada di android kamu.

7. Kembalikan ke pengaturan pabrik

mengatasi android sering restart sendiri dengan reset data pabrik

Kembali ke pengaturan pabrik sering disebut hard reset. Fungsi ini berguna untuk mengembalikan semua konfigurasi yang ada menjadi default. Jika ingin melakukan hard reset, kamu dapat mengikuti langkah-langkah hard reset dibawah ini.
  1. Masuk ke pengaturan
  2. Pilih menu cadangkan dan reset
  3. Kemudian pilih Kembali ke setelan pabrik / reset data pabrik.
Setelah kamu melakukan hard reset, kamu jangan cemas jika booting android menjadi lebih lama. Ini karena android kamu kembali melakukan penyetelan semua aplikasi dari awal.

Kesimpulan

Nah itu dia cara mengatasi android yang sering restart sendiri tanpa perlu melakukan install ulang. Semoga dapat membantu kamu yang mengalami masalah tersebut. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, silakan tinggalkan pertanyaanmu  pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel