Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha

keberhasilan dan kegagalan wirausaha akan ditentukan oleh  keberhasilan dan kegagalan wirausahawan berdasarkan sikap dan perilakunya  mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan wirausaha  keberhasilan dan kegagalan wirausaha brainly  faktor keberhasilan wirausaha menurut suryana  makalah faktor faktor keberhasilan dan kegagalan kewirausahaan  kegiatan dan keberhasilan kewirausahaan  karakteristik wirausaha  Navigasi Halaman

Keberhasilan dan Kegagalan dalam Wirausaha - Dalam sebuah kewirausahaan, banyak faktor-faktor yang menunjang keberhasilan dan kegagalan dalam wirausaha. Faktor tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, bahkan hal sekecil apapun dapat berpengaruh terhadap sebuah usaha. Dengan adanya beberapa faktor penunjang sebuah usaha, maka seorang wirausaha harus dapat bertindak secara teliti agar usaha yang dijalankan berjalan sesuai dengan arah yang diinginkan tanpa menyebabkan kerugian tertentu.

Keberhasilan dan Kegagalan Wirausahawan

Ada banyak alasan yang menyebabkan sebuah usaha menjadi sukses bahkan menjadi gagal/bangkrut.

Faktor Keberhasilan Wirausaha

Keberhasilan sebuah usaha, dapat dilakukan oleh para wirausahawan dengan menerapkan teknik khusus untuk mencapai hasil usaha yang maksimal seperti:
  1. Visi dan Misi yang jelas
    Sebuah usaha harus dimulai dengan visi dan misi yang jelas tanpa adanya kecacatan dalam sebuah tujuan usaha. Karena, apabila terdapat hal yang ambigu dalam perencanaan sebuah usaha, maka itu akan berdampak suatu saat dan dapat merugikan sebuah usaha.
  2. Perencanaan yang matang
    Segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha, harus dilakukan secara matang atau tidak setengah-setengah. Contohnya ketika memproduksi sebuah usaha baju batik, maka produksi tersebut harus dilakukan sesuai prosedur yang ada dan jangan sampai melewatkan beberapa SOP yang telah dibuat.
  3. Modal yang cukup
    Untuk membangun sebuah usaha, tentu para wirausaha harus memiliki modal yang cukup agar usaha yang dibangun dapat bekerja semestinya tanpa kekurangan aspek apapun yang dapat menghambat pertumbuhan sebuah usaha.
  4. Komitmen yang tinggi
    Komitmen dapat memacu para wirausaha untuk selalu teguh menjalani sebuah usaha tanpa adanya rasa bosan dan mengeluh.
  5. SDM terlatih
    Dengan adanya para wirausahawan yang terlatih, maka produksi sebuah produk akan berjalan secara maksimal karena telah dibebani kepada para wirausaha yang terlatih dibidangnya.
  6. Peralatan yang lengkap (teknologi tinggi)
    Teknologi tidak bisa dipungkiri sangat berpengaruh dalam sebuah kegiatan kewirausahaan, karena dapat mempermudah manusia menyelesaikan pekerjaannya.
  7. Manajemen usaha yang baik
    Adanya manajemen usaha yang tepat dan realistis dapat menunjang keberhasilan sebuah usaha tanpa adanya kekeliruan dan kegagalan dalam sebuah misi wirausaha.
  8. Pengalaman
    Pengalaman seorang wirausaha akan menjadi nilai tambah bagi seorang wirausaha yang berkualitas.
  9. Peningkatan barang dan jasa
    Dengan adanya peningkatan barang dan jasa membuat sebuah usaha menjadi maju dalam seketika dan meraup keuntungan yang banyak.
  10. Pelatihan bagi para wirausahawan
    Para wirausahawan baru, sebaiknya dilatih agar dapat bekerja secara kompeten dan dapat menghasilkan sebuah produk dengan kualitas yang maksimal dengan harga jual yang tinggi.
Itu dia faktor keberhasilan seorang wirausaha, selanjutnya ada penyebab kegagalan sebuah wirausaha.

Faktor Kegagalan Wirausaha

Umumnya penyebab kegagalan dari sebuah wirausaha merupakan lawan dari keberhasilan wirausaha seperti:
  1. Visi dan Misi yang tidak jelas
    Visi dan Misi yang dibuat secara asal-asalan tentu dapat mengakibatkan sebuah usaha menjadi kacau dan tidak teratur serta mengakibatkan kerugian.
  2. Lemahnya sumber daya manusia (SDM)
    Mempekerjakan para wirausahawan yang tidak terlatih tentu dapat menjadi beban sebuah perusahaan atau kewirausahaan, sehingga tidak dapat menciptakan sebuah produk dengan kualitas terbaik.
  3. Tidak adanya Inovasi
    Usaha yang berjalan secara datar dan tidak berkembang akan hancur ditelan oleh waktu karena tertinggal dengan zaman yang terus berkembang.
  4. Kurangnya Modal
    Kekurangan modal merupakan faktor kegagalan paling kuat dalam sebuah wirausaha, sebuah usaha harus dibangun secara matang dan tidak setengah-setengah, terutama disebabkan oleh kurangnya modal untuk mendirikan sebuah usaha.
  5. Tidak mampu bersaing
    Ketidakmampuan bersaing dengan para kompetitor dapat menyebabkan sebuah usaha menjadi hancur dan gagal.
  6. Kurangnya pemasaran
    Pemasaran harus dilakukan secara bertahap dan tertarget, apabila pemasaran dilakukan secara sembrono bahkan jarang, maka usaha tersebut tidak akan dikenal oleh masyarakat.
  7. Minimnya teknologi / peralatan
    Minimnya sebuah teknologi menyebabkan sebuah proses produksi sebuah usaha menjadi lambat.

Penelusuran terkait

  • keberhasilan dan kegagalan wirausaha akan ditentukan oleh
  • keberhasilan dan kegagalan wirausahawan berdasarkan sikap dan perilakunya
  • mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan wirausaha
  • keberhasilan dan kegagalan wirausaha brainly
  • faktor keberhasilan wirausaha menurut suryana
  • makalah faktor faktor keberhasilan dan kegagalan kewirausahaan
  • kegiatan dan keberhasilan kewirausahaan
  • karakteristik wirausaha

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel