Alat dan Bahan Untuk Melukis Beserta Penjelasan

Alat untuk melukis beserta bahan yang digunakan ketika melukis. Alat untuk melukis beserta kegunaan dan contoh. Media seni lukis

Caraviral -  Lukisan merupakan sebuah karya seni rupa dua dimensi (2d). Untuk memulai melukis tentu, seorang pelukis memerlukan alat dan bahan yang digunakan ketika melukis. Alat dan bahan tersebut memiliki fungsi-fungsi tertentu, seperti pewarna, media seni lukis dan lain sebagainya.

Berbagai Bahan untuk Melukis

Terdapat banyak bahan yang dapat digunakan untuk melukis.Diantara banyaknya bahan yang dapat digunakan, ada beberapa bahan yang sering digunakan karena terbukti memiliki kualitas yang baik dan dapat menghasilkan lukisan yang bernilai seperti:


1. Cat atau Tinta

Dalam membuat sebuah lukisan, tentu seorang pelukis harus memiliki sebuah tinta atau cat. Tapi sebenarnya tidak harus menggunakan tinta, karena dapat menggunakan getah daun jati atau cairan yang berwarna lainnya.

Cat atau Tinta tersebut nantinya akan dioleskan dan membentuk sebuah corak pada media seni lukis seperti kertas, kanvas, plastik, kayu dan masih banyak lagi.

Cat sendiri terdiri dari berbagai macam seperti:
  • Tinta Cina / Tinta Cina
    Tinta cina sering digunakan untuk membuat sebuah lukisan dengan corak huruf tertentu seperti kaligrafi. Tinta cina terbagi menjadi 2 bentuk yaitu padat dan cair. Apabila pelukis menggunakan tinta cina padat, maka tinta padat tersebut harus diencerkan sebelum digunakan.
  • Cat Minyak
    Cat yang satu paling sering digunakan oleh para pelukis disekitar kita, karena tidak hanya mudah didapat namun juga memiliki skala gradiasi paling besar dibandingkan cat lain. Maksud dari gradiasi besar adalah warna yang dihasilkan dari cat minyak mampu mendekati gradiasi warna yang aslinya (nyata). Misal seorang pelukis menggambar sebuah daun berwarna hijau, maka warna hijau dari cat minyak tersebut, akan terlihat mirip dengan warna daun asli.
  • Cat Akrilik (acrylic)
    Cat akrilik terbentuk dari campuran bahan sintetis seperti resin dan polivinyl acetate yang cepat kering. Biasanya cat akrilik digunakan pada media lukis seperti batu, kayu, kain, kanvas dan kertas gambar. 
  • Cat Tekstil
    Cat Tekstil sering digunakan pada lukisan dengan media kain, baju, sepatu atau tas. Setelah dilukis, maka bagian yang dilukis harus di setrika.
  • Cat Poster
    Cat poster merupakan jenis cat yang memiliki tekstur pekat. Untuk menggunakannya, cat poster harus dilarutkan dalam air terlebih dahulu, walaupun bisa juga digunakan tanpa dilarutkan dengan air. Keuntungan menggunakan cat poster adalah cat poster memiliki pigmen warna yang pekat.
  • Cat air
    Cat air sering digunakan dalam pembelajaran seni lukis di sekolah. Seperti namanya, untuk menggunakan cat air, cat harus dilarutkan terlebih dahulu menggunakan air. Cat air memiliki karakteristik transparan dan pudar. Kekurangan dari cat air adalah, warnanya mudah pudar terutama apabila terkena air atau media lukis yang lembab.

2. Crayon

Crayon berbentuk batangan bulan dan memanjang seperti lilin. Crayon memiliki warna yang tebal namun susah untuk dihapus. Bahkan apabila dipaksa untuk dihapus, maka akan menyisakan noda yang membuat lukisan terlihat kotor.

Baca juga : Teknik seni lukis beserta penjelasan

3. Pensil warna

Selain crayon, ada juga pensil warna. Bentuknya sama seperti pensil biasa, namun memiliki berbagai warna, seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu, cokelat, dan masih banyak lagi. Pensil warna sering digunakan sebagai bahan untuk melukis diatas kertas.

Salah satu keistimewaan pensil warna adalah dapat dihapus tanpa memberikan efek noda seperti crayon. Pensil warna sangat cocok digunakan bagi para pelukis pemula.

Setelah mengetahui bahan untuk melukis. Kamu juga harus mengetahui alat yang digunakan untuk melukis. Alat tersebut nantinya akan digunakan dengan bahan untuk melukis tadi.

Berbagai Alat untuk Melukis

Terdapat banyak alat yang dapat digunakan ketika melukis. Alat tersebut masing-masing memiliki fungsi tertentu dan saling terpaut sama lain.

Alat untuk melukis:

1. Kuas

Apabila seorang pelukis menggunakan bahan cat. Maka pelukis tersebut membutuhkan kuas untuk mengolah cat tersebut agar teratur ketika dioleskan ke media seni lukis.
Ada banyak jenis kuas yang dapat digunakan untuk melukis seperti:
  • Kuas lukis round
  • Kuas lukis flat
  • Kuas lukis bright brush
  • Kuas lukis angel brush
  • Kuas lukis filbert brush
  • Kuas lukis fan
  • Kuas lukis MOP
  • Kuas lukis rigger
Diantara jenis kuas lukis tersebut, masing-masing digunakan untuk membuat bagian objek-objek tertentu.

2. Pembersih kuas

Pembersih kuas digunakan untuk membersihkan kuas dari sisa-sisa cat ketika melukis. Pembersih kuas tersebut dapat berupa tinner, minyak tanah, solar dan bensin. Dengan membersihkan kuas, maka akan mencegah warna cat menjadi tercampur dan menghasilkan warna yang semestinya (bukan akibat perpaduan warna).

3. Palet

Palet merupakan sebuah wadah yang digunakan pelukis untuk meletakkan atau mencampurkan cairan tinta sebelum dioleskan ke media lukis. Kualitas dari masing-masing palet yang dijual di pasaran berbeda. Apabila kamu ingin membeli palet untuk melukis, disarankan kamu mencari palet dengan tekstur licin karena dapat mencegah minyak diserap oleh palet.

4. Pisau palet

Pisau palet berguna untuk mengaduk tinta atau di dalam palet agar merata dan menghasilkan perpaduan warna yang diinginkan. Namun kamu tidak perlu heran apabila ada pelukis menggunakan pisau palet sebagai pengganti kuas, karena pisau palet dapat digunakan untuk meratakan tekstur cat yang menumpuk pada media seni lukis.

5. Easel (Papan penjepit)

Easel merupakan sebuah papan atau besi tipis yang digunakan untuk menjepit kertas maupun kanvas. Easel memiliki tiga kaki berbentuk segitiga dan penjepitnya dapat diatur naik dan turun.

6. Penghapus

Apabila seorang pelukis menggunakan pensil warna untuk melukis, maka penghapus pensil dapat digunakan untuk menghapus bagian yang keliru atau salah. Penghapus pensil tersebut disarankan jangan berwarna putih, karena penghapus berwarna putih dapat menempel kotoran warna pensil yang dihapus.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel