Berbagai Media Seni Lukis Beserta Penjelasan dan Contoh

media seni lukis beserta penjelasan, media lukis selain kanvas

Caraviral -  Media seni lukis merupakan bahan yang digunakan untuk membuat sebuah lukisan. Banyak benda atau alat yang dapat digunakan untuk dijadikan sebagai media seni lukis. Media lukis tersebut nantinya akan menghasilkan sebuah lukisan yang memiliki keunikan tertentu termasuk kualitas yang berbeda.

Baca juga: Langkah-langkah dalam melukis

Media Seni Lukis / Media Melukis

Diantara banyaknya media seni lukis yang ada, terdapat 10 media seni lukis yang paling sering digunakan oleh seniman Indonesia bahkan dunia, seperti:

1. Media Seni Lukis Kertas

Kertas biasanya digunakan untuk membuat sebuah lukisan dari cat air. Namun tidak semua kertas dapat digunakan dalam melukis dengan cat air. Terdapat berbagai kertas khusus dalam melukis, dan perlu diperhitungkan ketebalan kertas, tekstur kertas agar menghasilkan sebuah lukisan yang rapi dan memiliki harga jual.

Baca juga : Alat dan Bahan untuk Melukis

Apabila menggunakan kertas sembarangan, maka dapat mengakibatkan lukisan terlihat kotor dan tidak rapi, karena ada beberapa jenis kertas yang membuat cat atau tinta menjadi meleleh atau tidak merekat pada kertas.

2. Media Seni Lukis Kanvas

Kanvas merupakan sebuah media seni lukis yang telah digunakan oleh manusia ratusan tahun yang lalu. Kanvas memiliki tekstur yang kuat dan tahan lama, dan tentu sangat cocok digunakan sebagai media seni lukis yang bernilai tinggi.

Alasan kenapa kanvas adalah media seni lukis terbaik adalah, kanvas terdiri dari tenunan kain yang rapat dan dapat mencegah cat minyak / tinta untuk melukis terserap oleh kain. Tidak hanya itu, kanvas juga bersifat lentur dan tidak mudah robek. Kanvas biasanya digunakan untuk membuat dasar lukisan.

3. Media Seni Lukis Kaca

Selain kanvas, kaca juga sering digunakan sebagai media seni lukis. Biasanya, kaca yang sudah dilukis akan digunakan sebagai kaca jendela bangunan-bangunan tradisional seperti: mesjid, gereja, museum dan bangunan adat lainnya.

Apabila menjadikan kaca sebagai media lukis, maka seniman harus memiliki keterampilan dalam teknik melukis terbalik. Karena untuk melukis kaca, bukan dari sisi depan, melainkan dari belakang dan berlanjut ke sisi kiri dan kanan.

Lukisan yang dibuat pada kaca tidak hanya menggunakan cat dan kuas, namun juga bisa menggunakan grafir kaca (ukiran kaca). Kaca termasuk media seni lukis yang tergolong mahal, namun akan menawarkan hasil yang sangat elegan dan memuaskan.

4. Media Seni Lukis Kayu

Kayu merupakan sebuah media yang dapat digunakan untuk berbagai karya seni termasuk seni lukis. Kayu memiliki tekstur yang keras dan kokoh. Pada jaman dahulu, manusia sering menuliskan sebuah pesan atau lukisan diatas sebuah kayu. Kayu tersebut biasanya diambil dari pohon-pohon besar agar dapat memberikan luas bidang lukis yang lebar. 

Tidak hanya dilukis menggunakan cat dan kuas, kayu juga dapat diukir menjadi sebuah bentuk yang memiliki nilai seni.

5. Media Seni Lukis Dinding

Membuat sebuah lukisan di sebuah dinding sudah menjadi tren pada saat sekarang ini. Seperti grafiti yang merupakan sebuah coret-coretan di dinding dengan berbagai bentuk unik. 
Dinding merupakan media yang sangat keras dan kokoh dan umumnya memiliki luas yang besar. Umumnya, lukisan pada sebuah dinding hanya terdapat pada area atau lokasi tertentu.

6. Media Seni Lukis Plastik

Walaupun jarang terdengar, ternyata plastik juga merupakan sebuah media lukis. Contoh dari karya lukis plastik adalah plastik layang-layang yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan layang-layang. 

Tidak hanya pada layang-layang, seni lukis plastik juga sering ditemukan pada sebuah celengan atau bodi kendaraan yang sengaja dilukis untuk menghasilkan lukisan yang unik dan bermakna.

7. Media Seni Lukis Besi

Besi merupakan media lukis yang dulu sering digunakan untuk mempercantik senjata tradisional seperti:
  • Pedang
  • Keris
  • Kapak
  • Jubah Besi
Lukisan pada besi, biasanya memiliki makna tertentu seperti lukisan raja, pemuka agama dan tetua adat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel