4 Cara Menghilangkan Tulisan Activate Windows 7/8/10

Cara menghilangkan tulisan atau watermark Activate Windows di Windows 7, Windows 8 dan Windows 10, tanpa aplikasi / software tambahan

Siapa yang tidak merasa terganggu dengan adanya tulisan Activate Windows yang akan muncul pada layar apabila Windows yang digunakan belum di aktivasi. Tulisan tersebut dapat mengganggu pemandangan, dan tentunya dapat membuat malu sobat apabila sedang mempresentasikan sesuatu di hadapan khalayak ramai. Tapi, sobat tidak perlu khawatir karena ternyata banyak cara yang dapat sobat lakukan untuk menghilangkan tulisan Activate Windows baik pada versi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Cara Menghilangkan Tulisan Activate Windows

Watermark Activate Windows sebenarnya dapat dihilangkan tanpa mengaktivasi Windows, namun admin sarankan untuk melakukan aktivasi, karena apabila Windows belum diaktivasi, maka akan terdapat fitur-fitur Windows yang akan terkunci seperti: Munculnya tulisan Activate Windows yang akan kita bahas sekarang dan fitur personalize yang tidak bisa digunakan.

Nah, bagi sobat yang ingin menghilangkan tulisan Activate Windows, sobat dapat mencoba 4 cara berikut ini.

1. Melakukan Aktivasi Windows

Cara pertama yang dapat sobat lakukan, tentu dengan melakukan aktivasi Windows. Tapi, sebelum itu, sobat harus memiliki serial number Windows atau lebih sering disebut dengan product key. Apabila sobat sudah memiliki kode aktivasi nya, maka sobat bisa langsung melakukan aktivasi dengan cara dibawah.

  1. Masuk ke menu Setting, bisa dengan menggunakan perpaduan tombol (Windows + i)
  2. Cari menu Update and Security
  3. Pada menu Activation, cari pilihan Change Product Key.
  4. Masukkan serial number Windows.
  5. Pilih Next dan ikuti ketentuannya sampai Finish.
Namun jika sobat tidak memiliki serial number Windows, sobat dapat mendapatkannya di artikel Kumpulan Serial Number Windows.

2. Mengedit Registry Windows

Registry Windows atau lebih dikenal dengan regedit, merupakan sebuah fitur Windows yang memungkinkan pengguna mengubah pengaturan sistem secara mendalam, termasuk menghapus tulisan Activate Windows. 

Sobat dapat mengedit registry windows untuk menghilangkan tullisan Activate Windows dengan cara:
  1. Pada Windows Search, ketikkan regedit. Apabila terdapat permintaan akses administrator pilih saja Yes.
  2. Masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ WindowsNT \ CurrentVersion \ SoftwareProtectionPlatform \ Activation.
  3. Akan terdapat 5 sampai 6 file, cari file bernama Manual, klik kanan pilih Modify.
  4. Edit DWORD Value Data dari 0 menjadi 1.
  5. Restart komputer / laptop.
Pada berbagai kasus menghapus watermark Acitvate Windows melalui Registry Windows hanya bertahan sampai Komputer / Laptop dihidupkan. Setelah dimatikan dan dihidupkan kembali, watermark Activate Windows muncul kembali, dan harus melakukan pengeditan Registry lagi.

3. Menggunakan KMSAuto

KMSAuto merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk dapat melakukan aktivasi sebuah sistem operasi Windows maupun aplikasi seperti Office.

Sobat bisa mendapatkan aplikasi KMSAuto melalui situs resminya di kmsauto.info, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Install aplikasi KMSAuto (apabila tidak bisa di install, pastikan antivirus telah berada dalam keadaan mati / hibernasi)
  2. Setelah di install, buka aplikasi KMSAuto.
  3. Tekan tombol Activation.
  4. Tunggu hingga proses aktivasi windows selesai, hingga terdapat kata OK / DONE pada layar biru bagian bawah aplikasi.
Apabila tulisan Activate Windows belum hilang, sobat berarti harus melakukan restart / muat ulang perangkat komputer / laptop sobat, dan selamat.. sekarang tulisan Activate Windows sudah hilang.

4. Program Notepad

Notepad tidak hanya dapat sobat gunakan untuk membuat sebuah catatan kecil, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat sebuah baris kode yang dapat menghilangkan tulisan Activate Windows. Cara menghilangkan watermark Activate Windows dengan notepad sangat mudah:
  1. Buka aplikasi notepad.
  2. Ketikkan program berikut:
    @echo off
    taskkill /F /IM explorer.exe
    exit
  3. Kemudian simpan dengan nama Activation.bat (harus dengan format .bat)
  4. Buka file Activation.bat tadi.
  5. Maka akan muncul sebuah jendela CMD (command prompt) dan akan tertutup secara otomatis.
  6. Restart Komputer / Laptop.

Penutup

Nah, itu dia cara menghilangkan tulisan Activate Windows untuk semua versi Windows. Semoga dapat membantu sobat dalam mengatasi masalah watermark yang muncul ketika Windows sobat belum di aktivasi. Apabila sobat merasa bingung dengan tiga cara diatas, sobat dapat menuliskan pertanyaan sobat di kolom komentar ya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel