22 Service Windows yang Aman Dimatikan, Laptop Jadi Super Lancar

Service Windows Aman dimatikan agar Komputer / Laptop menjadi smooth tanpa lag, drop frame dan lancar saat bermain game maupun editing.

Windows memiliki banyak service yang memiliki fungsi-fungsi tertentu seperti: melakukan update versi windows, fitur search, antivirus dan masih banyak lagi. Namun diantara banyaknya sevice yang berguna, terdapat juga service-service yang jarang digunakan namun selalu berjalan ketika PC / Laptop dengan sistem operasi Windows dijalankan.

Service yang tidak digunakan tersebut, dapat menurunkan performa dari PC / Laptop yang sedang digunakan. Misalnya sobat tidak terlalu sering menggunakan fitur Search, namun fitur search tersebut akan tetap berjalan meskipun sobat tidak menggunakannya. Nah, untuk mendapatkan performa PC / Laptop yang maksimal, sebaiknya sobat mematikan service-service yang tidak digunakan tersebut.

Namun apabila sobat merasa bingung, dan takut untuk mencobanya karena tidak mengetahui service mana yang sebenarnya tidak sobat gunakan. Tenang, jangan khawatir, karena CaraViral akan menginformasikan service Windows yang aman dimatikan agar PC / Laptop menjadi super smooth dan lancar terutama saat bermain game dan editing.

Service Windows yang Aman Dimatikan

Diantara banyaknya service Windows yang dapat dinonaktifkan dengan aman, sobat perlu mengingat-ingat service mana yang sebenarnya memang tidak sobat butuhkan, ataupun kalau dibutuhkan mungkin untuk sewaktu-waktu, agar sobat nanti tidak bingung ketika ingin menjalankan aplikasi yang menggunakan service tersebut.

1. Windows Update

Yang pertama adalah Windows Update. Windows Update merupakan sebuah service yang berguna untuk mengupdate sistem operasi Windows yang digunakan, misal dari Windows versi 13.0 ke versi 14.0. Namun sayangnya, Windows Update kerap menghabiskan RAM dan CPU dari PC / Laptop, dan membuat lag.

Apabila sobat merasa tidak perlu mengupdate Windows sobat, sobat bisa menonaktifkan service Windows Update dengan mengubah actionnya menjadi Disable.

2. Windows Defender

Nah, Ini dia antivirus bawaan dari Windows. Namun, bagi admin Windows Defender tidak terlalu bagus digunakan, karena dapat mengurangi performa dari PC / Laptop. 

Windows Defender juga tidak memiliki banyak fitur untuk melindungi perangkat dari berbagai ancaman seperti virus, malware dan sejenisnya. 

Sebaiknya kamu menggunakan antivirus lain seperti Avira, Malwarebyte, dll untuk melakukan proteksi terhadap perangkatmu.

3. Diagnostic Policy Service

Service ini berguna untuk melakukan diagnosa kesalahan yang terjadi pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows. Fitur ini sangat jarang digunakan, karena masalah yang terjadi pada perangkat Windows, rata-rata bukanlah masalah besar yang berhubungan dengan sistem operasi Windows. Jadi sebaiknya sobat menonaktifkan service yang satu ini.

4. IP Helper

Apabila sobat menggunakan jaringan berbasis IPvP, maka service IP Helper akan tetap berjalan, namun tidak digunakan. Karena IP Helper akan berkerja dalam konektifitas tunnelling IPv6.

5. Print Spooler

Print Spooler merupakan sebuah service yang berfungsi untuk melakukan aktivitas printing pada perangkat laptop / PC. Sobat dapat menonaktifkan service ini apabila sobat tidak melakukan aktivitas printing.

6. Remote Desktop Service

Remote Desktop Service memungkinkan sobat dapat mengatur hak akses pengguna lain dalam mengakses PC / Laptop sobat. Service tersebut sangat jarang digunakan pada perangkat miliki pribadi.

7. Secondary Logon

Secondary Logon digunakan sebagai akses login darurat ketika perangkat PC / Laptop mengalami error / hang.

8. Performance Log & Alerts

Service ini hanya berguna untuk mencatat log performa dari proses-proses yang terjadi pada perangkat. Service ini sebaiknya dimatikan karena tidak terlalu berguna bagi perangkat.

9. Remote Registry

Service ini berguna untuk mengendalikan perangkat dari jarak jauh.

10. Windows Time

Service ini berguna untuk melakukan sinkronisasi waktu sistem dengan waktu internet. Namun, apabila sobat dapat mengatur waktu perangkat secara manual, sobat dapat mematikan service ini.

11. System Event Notification Services

Service yang berguna untuk menginformasikan jaringan dan maintenance.

12. Smart Card

Service yang berguna untuk mengakses sebuah kartu khusus (smart card). Biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan besar.

13. Task Scheduler

Apabila sobat tidak ingin menjalankan sebuah tugas secara terjadwal, sobat dapat menonaktifkan service ini. 

14. Program Compatibility Assistant Service

Service yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi / program yang membutuhkan mode Compatibility.

15. Windows Error Reporting

Windows Error Reporting berfungsi untuk membuat log program yang mengalami kesalahan. 

16. Offline Files

Offline Files bekerja seperti cache di browser. Jadi ketika sobat membuka aplikasi, maka loading aplikasi tidak akan lama, karena data sudah tersimpan di dalam cache.

17. Plug and Play

Service yang berguna untuk menjalankan file multimedia seperti video dan audio secara otomatis.

18. Office Software Protection

Service yang berguna untuk melindungi aplikasi office.

19. Windows Image Acquisition (WIA)

Service yang berguna apabila PC / Laptop dihubungkan ke perangkat scanner / camera.

20. Windows Search

Service yang berguna untuk mencari file / aplikasi yang ada pada perangkat. Service ini akan sangat berguna apabila sobat lupa dengan lokasi file / aplikasi yang sobat miliki. Namun apabila sobat merasa mengingat semua lokasi file / aplikasi sobat, maka sobat dapat mematikan service ini.

21. Windows Event Log

Service yang berguna mencatat semua kejadian yang pernah dilakukan oleh pc/laptop.

22. Bluetooth Audio Gateway Service

Service yang digunakan ketika menyambungkan perangkat audio ke PC / Laptop menggunakan Bluetooth.

Penutup

Nah itu dia 22 service windows yang aman dimatikan agar komputer / laptop menjadi lebih lancar tanpa ada lag ataupun crash disaat melakukan pekerjaan. Untuk dapat merasakan performa yang lebih maksimal, sobat bisa merestart PC / Laptop setelah mematikan service-service tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel