Cara Mengatasi Laptop Mati Total / Tidak Bisa Menyala Tanpa Harus Service

Cara Mengatasi Laptop Mati Total - Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana laptop tidak bisa menyala atau mati total? Jika pernah, kamu jangan buru-buru dulu membawa laptop tersebut ke tempat service, karena kamu bisa mencoba cara-cara berikut agar laptop bisa hidup lagi seperti semula.

Sebelum masuk ke cara pertama, alangkah baiknya kamu mencoba menghubungkan laptop dengan kabel cas dan lihat apakah indikator isi daya menyala atau tidak. Jika lampu indikator tidak menyala, berarti dapat dipastikan bahwa laptop kamu dalam kondisi bermasalah, dan kamu dapat mencoba cara mengatasi laptop tidak bisa hidup di bawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Hidup / Mati Total

solusi laptop tidak mau menyala

1. Menekan dan Menahan Tombol Power

laptop tidak bisa di cas

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah menekan tombol power laptop selama lebih kurang 20 detik. Cara seperti ini berguna untuk memastikan bahwa sistem laptop benar-benar mati.

Jika sudah, tekan kembali tombol power kemudian perhatikan apakah ada respon dari laptop, biasanya apabila laptop hanya mengalami error pada BIOS, juga dapat menyebabkan laptop tidak mau menyala dan untuk mengatasinya cukup dengan menekan tombol power laptop.

2. Lepas Baterai Laptop

Apabila cara pertama tidak berhasil, selanjutnya kamu dapat mencoba melepas baterai laptop, kemudian biarkan laptop dalam kondisi di cas. Coba tekan tombol power dan perhatikan apakah laptop berhasil menyala atau tidak. Jika berhasil menyala, berarti baterai laptop mengalami kerusakan seperti baterai bocor atau terjadi korslet

3. Bersihkan Port Cas Laptop

Ketika laptop kehabisan baterai dan mati, kemudian kamu mencolokkan cas ke laptop namun tidak ada respon dan laptop tidak bisa hidup. Ada kemungkinan bahwa port cas laptop mengalami kerusakan atau berdebu.

Debu yang ada pada port cas dapat menghambat pengisian daya laptop sehingga laptop tidak dapat menerima daya dari charger dan kamu berpikir bahwa laptopmu mati total. Untuk membersihkan debu yang menempel pada port cas laptop, kamu dapat menggunakan alat pembersih seperti sikat gigi.

4. Bersihkan RAM Laptop

membersihkan ram laptop

Cara ketiga yaitu dengan membersihkan ram laptop. Bagi kamu yang pernah melakukan upgrade RAM laptop dual channel ada kemungkinan debu menempel di RAM laptop dan menyebabkan sistem laptop error / rusak.
Ketika RAM laptop error, maka laptop tidak akan bisa dioperasikan dan tidak mau hidup. 

Untuk memastikan apakah RAM laptop rusak, kamu dapat melepas salah satu RAM yang digunakan, kemudian coba hidupkan laptopnya lagi.

Jangan terburu-buru mengganti RAM laptop yang rusak, karena kerusakan pada RAM laptop biasanya diakibatkan oleh debu, jadi kamu dapat membersihkannya dengan penghapus pensil

Video Tutorial Solusi Laptop Matot

Kesimpulan

Nah itu dia 4 cara mengatasi laptop tidak mau menyala, cara di atas dapat kamu terapakan pada berbagai brand laptop yang ada pada saat sekarang ini baik itu Asus, Acer, Lenovo, Hp dll.

Jika setelah mencoba ke 4 cara di atas dan laptop masih tidak bisa menyala, berarti ada kerusakan pada hardware laptop seperti motherboard, lcd dan lain-lain, dan kamu harus mengganti hardware yang rusak tersebut.
LihatTutupKomentar