-->

Cara Cek Flashdisk Asli atau Palsu Beserta Cara Membedakannya

Cara cek flashdisk asli atau palsu - Flashdisk merupakan sebuah media penyimpanan portable yang dapat dihubungkan dengan perangkat seperti laptop, komputer bahkan server. Flashdisk dapat menyimpan berbagai jenis file dari ukuran kecil bahkan ukuran yang besar.

Untuk menyimpan file tersebut maka kita harus memilih kapasitas flashdisk yang cocok dengan kebutuhan kita. Ada beberapa jenis kapasitas flashdisk yaitu 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB sampai 2TB.

Baca juga : Cara mengatasi virus shortcut di flashdisk

Masing-masing ukuran tersebut memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan, namun ada beberapa penjual yang menjual flashdisk dengan kapasitas besar seperti 64GB tetapi dengan harga yang sangat murah. Jika kamu menemukan flashdisk dengan harga yang tidak wajar, kamu perlu hati-hati ketika membelinya, karena bisa saja flashdisk yang dijual itu palsu.

Sebelum tertipu ketika membeli flashdisk, kamu harus mengetahui ciri-ciri dari flashdisk palsu.

Ciri-ciri Flashdisk Palsu (Membedakan FD Asli denganFD Palsu)

1. Harga murah kapasitas besar

Flashdisk dengan kapasitas besar biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Ketika kamu menemukan sebuah flashdisk yang dijual dengan sangat murah dan tidak ada garansinya, itu bisa disimpulkan bahwa flashdisk tersebut palsu / kw.

2. Proses pengiriman data lama

Ketika membeli flashdisk disarankan agar kamu mencoba flashdisk tersebut di toko tempat kamu membelinya. Cara seperti ini cukup efisien dibandingkan dengan cara yang lain, karena kamu bisa langsung mengetahui apakah flashdisk tersebut orti atau kw.

Cara cek FD palsu tersebut sangat mudah, kamu cukup mencoba memindahkan sebuah file ke dalam flashdisk, kemudian lihat berapa kecepatan pengiriman data nya. Flahsdisk asli pengiriman datanya stabil dan terbilang cepat, sedangkan flashdisk paslu pengiriman datanya terputus-putus dan lama.

3. Berat flashdisk

Semakin besar kapasitas sebuah flashdisk maka itu akan berdampak pada bobot nya. Jika kamu membeli flashdisk dengan ukuran misal 1TB, dan flashdisknya sangat ringan bahkan bisa dibilang kopong, maka flashdisk tersebut dapat dipastikan palsu.

4. Data dalam flashdisk sering hilang / rusak

Data hilang atau rusak ketika dalam flashdisk? Hati-hati karena ini juga merupakan ciri-ciri flashdisk kw. Karena flashdisk asli, dapat menyimpan data secara permanen dan tidak rusak kecuali terkena virus.

Baca juga: Cara membuat usb killer menggunakan flashdisk

5. Garansi

Kemasan flashdisk dilengkapi dengan buku garansi yang dapat di claim di service center, sedangkan flashdisk palsu tidak ada garansinya.

Nah sekarang kamu sudah mengetahui beberapa ciri-ciri FD palsu, namun bagaimana jika kamu sudah terlanjur membelinya? 

Cara Cek Flashdisk Palsu

Ketika kamu sudah terlanjur membeli flashdisk dan tidak mengetahui keaslian dari flashdisk tersebut. Kamu dapat mengecek nya dengan software H2testw.

Cara cek FD palsu:
  1. Download dan Instal aplikasi H2testw di perangkat komputer.
  2. Setelah di instal, jalankan H2testw.exe.
  3. Klik tombol select target, kemudian arahkan ke disk lokasi flashdisk.
  4. Pada Data Volume, pilih All Available Space, disini h2testw akan melakukan pengecekan semua kapasitas flashdisk.
  5. Klik Write + Verifiy untuk menjalankan pengetesan flashdisk. Semakin besar ukuran flashdisk maka proses pengetesan akan semakin lama.
  6. Apabila setelah pengetesan tidak terjadi error, berarti flashdisk tersebut adalah original.
  7. Apabila terdapat pesan error seperti gambar di bawah, berarti flashdisk / FD fake.

Video Cara Cek FD Palsu

Sumber : Youtube KDStudios
LihatTutupKomentar