-->

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format Tanpa Menghilangkan Data

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara mengatasi write protected pada flashdiskx. Nah sekarang Caraviral akan membahas sebuah permasalahan flashdisk lagi yaitu flashdisk yang selalu minta di format.

Flashdisk yang meminta untuk di format biasanya terjadi ketika flashdisk gagal membaca file yang ada di dalamnya. Sehingga menyebabkan mode read flashdisk menjadi error.

Sebenarnya cara mengatasi flashdisk error tersebut cukup mudah, kamu hanya perlu memformat flashdisk tersebut dan flashdisk dapat digunakan seperti semula. Namun bagaimana jika data yang terdapat di dalam flashdisk merupakan data-data penting dan kamu tidak ingin data tersebut hilang sedangkan flashdisk selalu minta di format?

Jika kejadian tersebut terjadi, kamu jangan khawatir karena Caraviral akan memberikan sebuah cara mengatasi flashdisk minta format tanpa menghilangkan data di dalamnya.

Baca juga: Cara cek flashdisk asli dan palsu

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Harus Format (File / Data Tidak Hilang)

Ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk memperbaiki masalah flashdisk yang selalu minta di format. Cara yang dapat dilakukan seperti melakukan pengecekan file error di dalam flashdisk, kemudian memperbaikinya (repair flashdisk). 

1. Melakukan Error Checking (Check Disk)

Check Disk merupakan sebuah fitur bawaan Windows, dimana kamu dapat memeriksa masalah yang terdapat di dalam media penyimpanan (disk) yang terhubung dengan perangkat komputer. 

Apabila setelah dilakukan pengecekan dan didapatkan sebuah masalah, maka windows akan langsung memperbaikinya agar masalah tersebut hilang.

Check disk juga dapat dilakukan pada media penyimpanan portable seperti flashdisk, dengan cara berikut:
  • Hubungkan flashdisk ke perangkat komputer. Jika sudah, klik kanan pada flashdisk pilih Properties.
    memperbaiki flashdisk yang selalu minta format
  • Masuk ke tab tools, tekan tombol Check.
    flashdisk minta format tanpa menghilangkan file
  • Pilih Scan and Repair dan tunggu proses pengecekan flashdisk yang error tadi.
Setelah proses pengecekan selesai, coba lepas kembali flashdisk dari komputer, kemudian hubungkan kembali. Periksa apakah flashdisk masih minta format atau sudah hilang.


2. Memperbaiki Flashdisk Menggunakan CMD (chkdsk)

Cara selanjutnya menggunakan command prompt (cmd). Cara ini cukup mudah, karena kamu hanya perlu mengetikan beberapa perintah (command) untuk memperbaiki flashdisk yang rusak.

Cara repair flashdisk menggunakan CMD:
  1. Pertama, hubungkan flashdisk ke device komputer / laptop.
  2. Buka command prompt (cmd) sebagai admin dengan cara klik kanan pilih run as administrator.
    repair fd melalui cmd
  3. Setelah pop up CMD terbuka, perhatikan dimana letak flashdisk, apakah di localdisk D, E, dan lain-lain. Pada gambar flashdisk terletak di localdisk E.
  4. Ketikan perintah E: (E titik dua ) kemudian enter.
    masuk ke direktori flashdisk melalui cmd
  5. Selanjutnya ketikan perintah chkdsk /f D: dan tekan enter. Perintah ini berfungsi untuk melakukan pemeriksaan data di dalam flashdisk kemudian memperbaikinya apabila ada data yang rusak)
    check and repair flashdisk dengan cmd
  6. Apabila ada permintaan izin (y/n) ketik y kemudian enter.
  7. Setelah proses pengecekan selesai, cabut dan hubungkan kembali FD ke komputer / laptop dan flashdisk berhasil diperbaiki tanpa ada data / file yang hilang.
Apabila terjadi error pada cara ke 7, contoh errornya adalah access denied, pastikan CMD berjalan sebagai administrator (langkah 2).
Nah itu dia 2 cara memperbaiki flashdisk yang selalu minta format tanpa menghapus file yang ada di dalam flashdisk.
Bagi kamu yang bingung dengan penjelasan di atas, langsung saja tuliskan pertanyaanmu di kolom komentar di bawah.

Terimakasih telah berkunjung dan...

Have a nice day ~
LihatTutupKomentar